Menyusuri Kondisi Terkini Perlintasan Kereta Tabrakan Maut Kereta dan Mobil Tangerang

Saat kejadian, seorang pria berperawakan agak tua berhasil keluar dari mobil sebelum kereta menghajar mobil nahas itu.

Menyusuri Kondisi Terkini Perlintasan Kereta Tabrakan Maut Kereta dan Mobil Tangerang
Istimewa
Mobil Toyota Avanza ditabrak kereta commuter line ketika melewati perlintasan KA di dekat St Batu Ceper, Kota Tangerang, Minggu (17/6/2018) siang. 

TRAGEDI kecelakaan tragis antara kereta dan sebuah mobil di perlintasan sebidang kereta api dekat Stasiun Batu Ceper, Minggu (17/6/2018) lalu, masih menimbulkan banyak pertanyaan.

Salah satunya adalah kondisi perlintasan sebidang yang berada kurang lebih 50 meter dari Stasiun Batu Ceper.

Saat Warta Kota melakukan penelusuran di TKP kecelakaan, Rabu (20/6/2018), didapati seorang pria paruh baya tengah duduk di atas bangku kayu.

Di bawah teriknya matahari Kota Tangerang, pria yang diketahui bernama Effendi (55) itu hanya berteduh di balik payung berwarna merah.

Effendi merupakan penjaga perlintasan kereta saat sebuah mobil avanza abu-abu itu diseruduk kereta sehingga menewaskan tiga orang dan tiga orang lainnya luka-luka.

Untuk mengamankan kendaraan yang ingin melintas dari Jalan Benteng Betawi menuju daerah perkampungan di Batu Ceper atau sebaliknya, Effendi menggunakan sebuah tali yang sudah diikat ke tiang besi beberapa meter dari Ia duduk. Ketika kereta akan lewat, Effendi akan menarik tali tersebut sehingga tiang besi bergerak turun ke bawah.

Di seberangnya tidak ada tiang besi serupa, sehingga Effendi hanya meneriaki jika ada kendaraan yang ingin melintas saat kereta akan lewat.

Cara kerja penjagaan kereta masih dilakukan manual, bahkan tanda-tanda kereta akan datang juga hanya berdasarkan pandangan matanya.

“Harus konsen, mata kiri-kanan, kiri-kanan aja liat kereta,” kata Effendi kepada Warta Kota.

Dirinya juga mengeluhkan jadwal kereta yang tidak tentu sampai matanya harus menyapu perlintasan kereta dan menarik tali untuk menutup tiang besi demi menghindari kendaraan yang menerobos perlintasan.

Halaman
12
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved