Lebaran 2018

H+10 Lebaran, Puncak Timbunan Sampah di Jakarta

"Alasannya karena ada (warga) yang cuti sampai tanggal 25, makanya (jumlah) sampah masih di bawah normal.."

H+10 Lebaran, Puncak Timbunan Sampah di Jakarta
Warta Kota/Adhy Kelana
Sejumlah tong sampah berjejer di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (4/7/2018). 

PANJANGNYA hari libur Lebaran 2018 tidak hanya mempengaruhi pola mudik warga, penumpukan sampah pun berubah dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji memperkirakan puncak tonase penanganan sampah akan terjadi pada H+7, H+8, H+9 dan H+10 setelah cuti lebaran. Alasannya karena masih banyak warga yang libur Lebaran.

"Alasannya karena ada (warga) yang cuti sampai tanggal 25, makanya (jumlah) sampah masih di bawah normal. Alasannya juga karena tukang gerobak libur, sampah dari rumah warga ngga ke kirim ke TPS," jelasnya, dihubungi pada Rabu (20/6/2018).

Oleh karena itu, pihaknya melakukan antisipasi peningkatan tonase, sehingga akumulasi tumpukan sampah yang sempat tertinggal di masing-masing rumah warga mulai dikirim ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Peningkatan sampah H+7 sampai dengan H+10 operasional pengangkutan sampah akan sangat optimal," imbuhnya.

Mengantisipasi lonjakan jumlah sampah, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang katanya tetap beroperasi 24 jam selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1439 H.

Sebanyak 300 personel ditugaskan piket agar tetap menjaga dwilling time atau waktu truk sampah mengantri, menimbang sampah, dan menurunkan sampah di bawah satu jam.

"Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantargebang tetap normal," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta hingga H+4 atau Selasa (19/6/2018) Hari Raya Idul Fitri 1439 H, sampah warga Jakarta belum kembali normal, yakni sebanyak 4.082 ton dengan 756 rit truk sampah.

Jumlah tersebut katanya berbeda dengan kondisi normal, yaitu berkisar 7.000 - 8.000 ton per hari dengan 1.300 - 1.400 rit truk sampah.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved