Arus Balik Kendaraan Membludak Penuhi Cikarut Diperparah Banyaknya Penyempitan Jalan Tol

Kemacetan diperparah oleh banyaknya penyempitan ruas jalan tol sebagai dampak dirampas untuk pembangunan jalan tol layang

ARUS balik memadati sejumlah kawasan utama yang dilalui pemudik.

Dari gTerpantau, gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut), Bekasi, Jawa Barat dipadati kendaraan yang akan masuk ke Jakarta dan sekitarnya.

Kemacetan itu diperparah oleh banyaknya penyempitan ruas jalan tol sebagai dampak dirampas untuk pembangunan jalan tol layang dan LRT.

Pembangunan kedua proyek itu menyita sejumlah besar ruas jalan tol, dampaknya, kelumpuhan lalu lintas sering melanda kawasan jalan tol.

Situasi itu sangat dikeluhkan pengguna jalan apalagi di musim mudik, kemacetan semakin parah dan menyengsarakan pengguna jalan tol.

Meski kebijakan satu arah sudah diterapkan antrean tetap terjadi di Gerbang Tol Cikarut.
Untuk mengetahui suasana dari arus balik di gerbang Tol Cikarut Kompas TV memberikan gambaran tersebut, Selasa (19/6/2018).

pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Priok untuk Lebaran 2018 mengalami peningkatan hingga 11 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Lollan Panjaitan mengungkapkan, terhitung sejak H-15 hingga H+3 Lebaran, ada sebanyak 22.340 penumpang yang naik dari Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sementara, untuk mereka yang turun ada 12.129 orang dengan jumlah total 34.469 penumpang. Ini naik sekitar 11 persen dari periode yang sama di tahun lalu,” ungkap Lollan, Selasa (19/6).

Ia menambahkan adanya kenaikan jumlah pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok dikarenakan adanya program mudik gratis yang dilaksanakan oleh pemerintah. Bahkan rencananya akan ada kapal yang membawa peserta mudik gratis pada Rabu (20/6).

Halaman
123
Penulis: Gede Moenanto Soekowati
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved