Iwan Bule yang Memenjarakan Antasari Azhar Dilantik dengan Abaikan Sorotan dan Kritik Publik

M Iriawan yang sebelumnya melejit kariernya di dunia kepolisian memang sosok yang banyak menghiasi media.

MESKI dipenuhi sorotan dan kritik bahkan sempat saling bantah antarpejabat, akhirnya M Iriawan tetap dilantik menjadi Gubernur Jawa Barat.

Pelantikan itu dilakukan menjelang berlangsungnya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat yang akan dilaksanakan beberapa waktu kemudian.

Sejumlah kalangan menilai, penetapan pejabat kepolisian aktif sebagai Gubernur Jawa Barat bisa mencederai proses demokrasi yang dibangun di Indonesia.

Namun, M Iriawan alias Iwan Bule, yang sebelumnya melejit kariernya di dunia kepolisian memang sosok yang banyak menghiasi media massa, media online, media sosial.

Kiprahnya sebagai petugas kepolisian yang paling terkenal adalah di saat dirinya berhasil mengungkap kasus pembunuhan Nasrudin Banjaran alias Nasrudin Zulkarnaen, yang tewas ditembak.

Kasus itu membuat karier Iriawan pun melejit dan dipilih menjadi Kapolda DKI Jakarta.

Sebelum kemudian, dia dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat.

Fenomena ini mengingatkan pada fenomena di masa Orde Baru di mana pejabat-pejabat kepala daerah banyak diisi oleh kalangan militer, yang mengacu pada Dwifungsi ABRI.

Sebagian kalangan bahkan menganggap, hal ini tidak lain merupakan Dwifungsi Polri.

Pasca berakhirnya masa jabatan Gubernur Jawa Barat yang dipegang oleh Ahmad Herwayan, Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan Komjen Pol M Iriawan sebagai pelaksana tugas Gubernur Jawa Barat.

Halaman
12
Penulis: Gede Moenanto Soekowati
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help