Lebaran 2018

Segerobak Koran Bekas Salat Id Dihargai Rp 75 Ribu

Koran yang biasa digunakan jemaah Salat Id sebagai alas sajadah, pun dapat menjadi rezeki bagi para pengumpul koran bekas.

Segerobak Koran Bekas Salat Id Dihargai Rp 75 Ribu
WARTA KOTA/ZAKI ARI SETIAWAN
Idrus, salah satu pengumpul koran bekas setelah Salat Id di Masjid As Syarif Al Azhar, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (15/6/2018). 

TRADISI Salat Idul Fitri yang dilaksanakan di lapangan atau tempat terbuka, selalu menyisakan sampah koran yang menumpuk.

Koran yang biasa digunakan jemaah Salat Id sebagai alas sajadah, pun dapat menjadi rezeki bagi para pengumpul koran bekas.

Pantauan Wartakotalive.com, ada sekira seribu jemaah Salat Idul Fitri 2018 di halaman parkir Masjid As Syarif Al Azhar.

Baca: Soal Peluang Jadi Cawapres Jokowi, Airlangga Hartarto: Kita Tunggu Sesudah Pilkada Ya

Idrus, salah satu pengumpul koran bekas di Masjid As Syarif Al Azhar BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, tetap bersyukur meski koran-korannya hanya dihargai Rp 75 ribu untuk satu gerobak.

“Satu gerobak segini paling laku Rp 75 ribu. Yang penting kerjanya halal,” kata Idrus kepada Wartakotalive.com, Jumat (15/6/2018).

Lelaki yang tinggal di Lengkong Gudang Timur, Tangerang Selatan itu mengumpulkan koran bekas Salat Id bersama keluarganya.

Baca: Empat Pencuri di Ciputat Pecahkan Kaca Mobil Lalu Gondol Rp 100 Juta dan 18 Ribu Dolar Singapura

“Ada tiga gerobak, ini saudara semua. Kita bawa (korannya) ke lapak pangkalan, baru nanti dari bos saya ke pabrik,” tuturnya.

Pria ramah senyum itu mengaku sudah 30 tahun berkeliling di area BSD sebagai pengumpul barang bekas. Idrus yang juga memiliki sembilan anak itu, harus melipat kembali koran-koran itu agar bisa dihargai lebih mahal.

“Nanti dilipet-lipet bisa seribu (rupiah), kalau dikarungin aja murah harganya, bisa cuma lima ratus rupiah,” ungkapnya. (*)

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help