DKI Diminta Tegas Tertibkan Pengemis Musiman Bukan Malah Memfasilitasi

Devie Rachmawati mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta harus menunjukkan ketegasannya dalam menertibkan pengemis yang menyerbu ibukota.

DKI Diminta Tegas Tertibkan Pengemis Musiman Bukan Malah Memfasilitasi
Warta Kota/Hamdi Putra
Manusia Gerobak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018). 

PENGAMAT Sosial dari Universitas Indonesia, Devie Rachmawati mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta harus menunjukkan ketegasannya dalam menertibkan pengemis yang menyerbu ibukota.

Menurutnya, ada tiga solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yakni jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

"Jangka pendeknya yaitu Pemprov DKI harus menunjukkan ketegasannya, bukan malah seolah memfasilitasi para pengemis dengan panti sosial," katanya kepada Warta Kota, Kamis (14/6/2018).

Lalu, solusi jangka menengahnya adalah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah yang menjadi penyuplai pengemis di Jakarta.

"Harus ada koordinasi lintas pemda, mana daerah yang menjadi penyuplai pengemis dan sebagainya itu. Saya yakin dinas sosial sudah ada datanya," tutur Devie Rachmawati.

Lebih lanjut, jika pembangunan ekonomi di daerah berjalan dengan baik maka tidak akan ada pengemis musiman yang bisa dijumpai seperti saat Ramadan dan lebaran.

"Siapa sih yang mau jadi pengemis kalau di daerahnya tersedia pekerjaan dengan penghasilan yang cukup," ucapnya.

Sebagai solusi jangka panjangnya, Devie Rachmawati meminta masing-masing Pemda memberikan edukasi kepada masyarakat atau warganya. (M15)

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved