Home »

News

» Jakarta

Tak Ada Pembagian Zakat Fitrah Setelah Salat Ied Masjid Istiqlal

Pembagian zakat fitrah yang diperuntukkan kepada fakir miskin akan dilakukan pada H-1.

Tak Ada Pembagian Zakat Fitrah Setelah Salat Ied Masjid Istiqlal
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kalau Sidang Isbat menetapkan Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, semua rangkaian acara akan diundur termasuk pemberian zakat fitrah. 

KEPALA Bagian Humas dan Protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah menyampaikan pihaknya tak akan menyelenggarakan pembagian zakat fitrah usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri (Ied) 1438 Hijriah mendatang.

Pembagian zakat fitrah yang diperuntukkan kepada fakir miskin akan dilakukan pada H-1 setelah penetapan tangga 1 Syawal melalui Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama.

"Kalau memang besok (Kamis) ditetapkan oleh pemerintah, kalau 1 Syawal jatuh pada hari Jumat, maka besok malam kami akan langsung membagikan zakat fitrah. Tidak ada pembagian zakat sehabus Sholat Ied," ujar Abu saat ditemui Warta Kota di Masjid Istiqlal, Rabu (13/6).

Masyarakat akan diberikan kupon sebelum berbuka puasa di Masjid Istiqlal. Kemudian pembagian zakat fitrah akan dilakukan setelah Sholat Maghrib hingga pukul 21.00 WIB. Bersamaan dengan itu, pihaknya juga akan melaksanakan Malam Takbiran hingga pukul 00.00 WIB.

Namun demikian, rangkaian acara akan diundur saru hari apabila Sidang Isbat menentukan bahwa tanggal 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Sabtu, 16 Juni 2018.

"Kalau Sidang Isbat menetapkan Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, semua rangkaian acara akan diundur dan besok kami masih akan melaksanakan Sholat Tarawih terakhir," ungkapnya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help