Home »

News

» Jakarta

Sudindukcapil Jakbar Langsung Gelar Biduk Pasca Lebaran

Operasi tersebut akan menyasar ke beberapa wilayah padat penduduk dan apartemen yang berada di Jakarta Barat.

Sudindukcapil Jakbar Langsung Gelar Biduk Pasca Lebaran
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Ilustrasi. Warga penghuni apartemen yang terjaring operasi Biduk antre membuat SKDS. 

PETUGAS di jajaran Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jakarta Barat, bakal gelar operasi bina kependudukan (biduk), pada pasca perayaan lebaran.

Operasi tersebut akan menyasar ke beberapa wilayah padat penduduk dan apartemen yang berada di Jakarta Barat.

"Benar, kami akan melakukan biduk yang nanti akan menyasar ke wilayah yang padat dengan penduduknya," kata Edi, Rabu (13/6/2018).

Walaupun Edi enggan membeberkan titik-titik lokasi yang akan bakalan jadi sasaran operasi biduk, ia hanya mengatakan, pihaknya dengan jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta akan merapatkan mengenai lokasi sasarab biduk.

"Pasca lebaran pun akan dirapatkan mengenai lokasi sasaran biduk nantinya. Operasi ini juga, bertujuan guna menyadarkan para masyarakat betapa pentingnya administrasi kependudukan itu," terang Edi.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, Edison Sianturi, akui pihaknya akan menggelar operasi biduk pasca lebaran mendatang, serentak di lima wilayah di DKI Jakarta.

Menurutnya, kemungkinan jumlah pendatang baru dj pasca lebaran tahun ini pun alami peningkatan dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu, pendatang baru mencapai 70.752 orang. Kemungkinan, tahun ini meningkat dua persen atau sekitar 1.415 orang. Diimbau, agar para pendatang baru yang mau menetap di ibu kota Jakarta, agar mengurus surat keterangan pindah melalui RT-RW daerah asalnya. Jangan sampai datang cari nafkah ke Jakarta tapi tak ada keterampilan, apalagi belum menyertakan surat pindah kependudukan dari daerah asal," ungkapnya.

Diketahui, kawasan yang jadi incaran sejumlah pendatang baru diantaranya Kecamatan Tanah Abang, Senen, Tanjung Priok, Kebayoran Lama, Pulogadung, Kalideres, Calincing, Penjaringan, Cakung dan Cengkareng.

Ke 10 kawasan ini, merupakan kawasan penuh sentra industri dan lapangan kerja.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help