Sampah Jakarta Dipastikan Teratasi Walau Ditinggal Cuti Lebaran

Khusus wilayah Jakarta Pusat pada hari H semua petugas disiagakan karena merupakan kawasan ring satu.

Sampah Jakarta Dipastikan Teratasi Walau Ditinggal Cuti Lebaran
Kompas.com
Ilustrasi. Pedagang durian membuang sampah ke tong sampah buatan Jerman di Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan. 

KALA musim mudik Lebaran telah tiba, sebagian besar warga Jakarta, termasuk petugas kebersihan pun telah pulang ke kampung halaman.

Walau jumlah personil tidak lengkap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meyakinkan jika Ibu Kota tetap terbebas dari sampah.

"Kita hanya ijinkan 15 persen (petugas) saja, bagi yang sudah didata sebelumnya dengan prinsip tidak boleh ada kekosongan lokasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Namun, khusus wilayah Jakarta Pusat pada hari H semua petugas disiagakan karena merupakan kawasan ring satu," ungkap Isnawa Adji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dihubungi pada Selasa (12/6/2018).

Tidak hanya Penyedia Jasa lainnya Perorangan (PJLP) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta atau yang dikenal Pasukan Orange Dinas Lingkungan Hidup, pihaknya telah membuat jadwal piket para pejabat selama libur lebaran. Tujuannya untuk memastikan penanganan kebersihan di darat, badan air dan tempat pengolahan sampah tetap berjalan optimal.

Selain itu, Command Center Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta hingga pendukung operasional seperti unit storing kendaraan dan bengkel dipastikan beroperasi penuh. Sehingga pengendalian penanganan sampah Ibukota tetap berjalan dan terpantau, khusus penanganan kebersihan di pusat keramaianalam Takbiran, termasuk sebanyak 726 lokasi Shalat Ied dan tempat wisata.

"Kami optimalkan Roaadsweeper (mobil penyapu jalan otomatis), truk sampah Compactor dan kendaraan lintas atau patroli sampah untuk menyisir timbulan-timbulan sampah," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya telah menyiagakan sejumlah toilet mobile di jalur mudik mulai dari Pangkalan Jati Kalimalang selama 24 jam serta kawasan wisata dan pemakaman umum, diantaranya Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Kawasan Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan TMP Kalibata.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help