Home »

News

» Jakarta

Resmikan Pusat Oleh-oleh Betawi, Sandiaga Disambut Palang Pintu

Ada 62 UMKM yang terlibat dalam Pusat Oleh-Oleh Betawi di Pasar Seni Ancol.

Resmikan Pusat Oleh-oleh Betawi, Sandiaga Disambut Palang Pintu
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Pusat Oleh-Oleh Betawi binaan OK OCE Smart di Pasar Seni Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (13/6). 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Pusat Oleh-Oleh Betawi binaan OK OCE Smart di Pasar Seni Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (13/6).

Dalam kesempatan itu Sandi disambut tradisi khas Betawi, Palang Pintu. 

Kedatangan Sandi disambut sejumlah pejabat terkait seperti Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Paul Tehusijarana, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi dan lain-lain. 

Tidak hanya itu, tradisi khas Betawi, Palang Pintu sempat digelar untuk menyambut kedatangan orang nomor dua di Jakarta tersebut.

Jagoan dari penyelenggara sempat beradu pantun dan silat dengan jagoan dari Sandi sebelum akhirnya dikalahkan. 

Ketua Umum OK OCE Smart Lina Sari ingin memberitahukan bahwa hari ini pihaknya diberi kesempatan untuk membuka tempat oleh-oleh khas Betawi, cendera mata Betawi yang khusus dipersembahkan dari usaha kecil menengah. 

“Yang biasanya UMKM ini berdagang made by order, sekarang alhamdulillah mereka sudah ada tempat untuk berdagang. Mudah-mudahan dengan adanya tempat ini, sukses dagangannya, laris dan juga bisa naik kelas,” katanya. 

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Paul Tehusijarana mengatakan bahwa rencana untuk menghadirkan konten budaya Betawi di Pasar Seni sudah dimulai sejak tahun 2017 silam. 

“Apa yang bisa dilihat sore hari ini, baru sebagian dari keseluruhan rencana itu dan sebenarnya ini juga karena teman-teman OK OCE Smart mendorong supaya bisa mengangkat, terutama budaya Betawi, dari sisi oleh-oleh dan jajanan Betawi,” urainya. 

Menurut Paul ada 62 UMKM yang terlibat dalam Pusat Oleh-Oleh Betawi di Pasar Seni Ancol. Hanya saja untuk unit lainnya seperti suvenir, belum ada dan baru akan menyusul dikemudian hari. 

“Ini bukan hasil akhir rencana kami untuk menjadikan, mengembangkan Kampung Betawi di Pasar Seni. Masih banyak yang akan kami kerjakan, perbaikan-perbaikan yang akan kami lakukan untuk benar-benar mengangkat budaya Betawi seutuhnya,” ucapnya. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kegiatan ini sangat menjanjikan.

Pasalnya ini adalah bagian dari P5 atau Pemasaran bagi para peserta OK OCE dimana ada kesempatan untuk menjual produk-produk mereka. 

“Kadang-kadang kan orang bingung beli oleh-oleh khas Betawi dimana. Nah salah satunya sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol, khususnya di Pasar Seni,” katanya. 

“Akhirnya dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan wahana Kampung Betawi di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, secara resmi dibuka,” ungkapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help