Mudik Lebaran 2018

H-2, Penumpang di Terminal Lebak Bulus Mulai Berkurang

Pos terpadu di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan mencatat adanya penurunan penumpang pada H-2 Idul Fitri atau Rabu (13/6).

H-2, Penumpang di Terminal Lebak Bulus Mulai Berkurang
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suasana pemudik di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (13/6). 

POS terpadu di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan mencatat adanya penurunan penumpang pada H-2 Idul Fitri atau Rabu (13/6).

Sepanjang Rabu siang hingga malam pukul 20.00, jumlah pemberangkatan penumpang sebanyak 354 orang atau mengalami penurunan dari jumlah penumpang pada hari sebelumnya.

Sementara, jumlah kedatangan di hari yang sama mencapai 229 orang.

Suasana pemudik di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (13/6).
Suasana pemudik di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (13/6). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Kasubag Humas Polrestro Jakarta Selatan, Kompol Imam menyatakan, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kepada awak bus yang membawa pemudik.

"Yang diperiksa 33 orang. Dengan rincian sebanyak 15 orang dinyatakan sehat, 13 sehat dengan catatan dan lima dinyatakan sakit," kata Kompol Imam, Rabu malam.

Selain itu, ada empat kendaraan yang dinyatakan tidak laik jalan setelah dilakukan pengecekan dari Dinas Perhubungan.

Di terminal Lebak Bulus melayani pemberangkatan menuju berbagai kota di Pulau Jawa, khususnya kota-kota di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

"Pada H-2 ini ada sebanyak 27 bus yang memberangkatkan penumpang dari terminal Lebak Bulus," imbuhnya.

Riana (35), penumpang tujuan Wonosobo mengaku pulang mendekati hari lebaran karena baru saja mendapatkan ijin libur dari pemberi kerjanya.

"Baru boleh libur sekarang. Tapi baliknya ke Jakarta nanti dikasih kelonggaran beberapa hari," kata Riana yang berprofesi sebagai baby sitter.

Puncak arus mudik terjadi pada Selasa (12/6) malam ditandai dengan kemacetan puluhan kilo meter di jalan tol Cikampek dan Jalan Tol Cipali.

Iwan (26), pemudik tujuan Batang, Jawa Tengah melaporkan, bus yang dikendarai berangkat dari Terminal Kampung Rambutan pada Selasa malam pukul 21.00 dan baru masuk ke tol Cipali pada Rabu pagi.

Perjalanan keseluruhan sampai ke Terminal Pekalongan dilalui dalam waktu 22 jam. Padahal, jarak tempuh standar biasanya hanya sekitar delapan jam.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help