Gylfi Sigurdsson Jadi Tumpuan Islandia Meski Cedera

Sigurdsson berkali-kali menjadi pahlawan bagi timnya dalam kurun waktu lima tahun belakangan.

Gylfi Sigurdsson Jadi Tumpuan Islandia Meski Cedera
mykhel.com
Gylfi Sigurdsson 

GYLFI Thor Sigurdsson menjadi salah satu pahlawan Islandia dalam kesuksesan menembus Piala Dunia 2018.

Playmaker lini tengah Islandia yang dinobatkan sebagai pemain terbaik negara itu selama lima tahun beruntun, menyumbang empat gol dan banyak assist saat kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sejak membela Timnas Islandia muda U-17, dia selalu memberikan dampak positif. Penampilan apiknya membuat dia menjadi pilihan utama di Timnas U-17, U-19, sampai U-21.

Baca: Kerja Keras Islandia Selama 88 Tahun Berbuah Manis

Selama memperkuat timnas junior, gelandang Everton berumur 28 tahun ini sukses membukukan 16 gol dari 32 kali penampilannya. Pada 2010, dia mulai dipercaya sebagai bagian dari timnas senior.

Sigurdsson berkali-kali menjadi pahlawan bagi timnya dalam kurun waktu lima tahun belakangan. Kariernya mulai melejit pada 2014 silam, kala menjadi pahlawan saat timnya menyingkirkan Belanda di babak kualifkasi Piala Eropa 2016.

Dari dua kali pertemuan dengan Pasukan Oranye, Sigurdsson memboyong semua gol kemenangan timnya, hingga Islandia menang agregat 3-0 dan lolos ke putaran final Piala Eropa 2106.

Baca: Menkominfo Tegaskan Tidak Pernah Minta Instagram Hapus Foto Amien Rais Saat Umrah

Di turnamen Piala Eropa 2016, Sigurdsson melesakkan satu-satunya gol saat melawan Hongaria. Pertandingan itu berakhir dengan hasil imbang 1-1.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, dia juga yang tampil sebagai penyelamat Islandia, saat timnya mengalahkan Kosovo 2-1 untuk merebut tiket Piala Dunia 2018.
Gelandang kelahiran Reykjavik, 9 September 1989 ini memang menjadi pembeda permainan Islandia. Tak heran bila selama lima tahun terakhir ia mendominasi sebagai pemain terbaik Islandia.

Pada Piala Dunia 2018 ini, Sigurdsson kembali menjadi tumpuan meskipun baru sembuh dari cedera lutut dan masih menjalani masa pemulihan. Kecerdasan Sigurdsson membuat Heimir Hallgrimson tetap memasukkan namanya dalam skuat inti Islandia.

Baca: Kecelakaan Tunggal, Ini Luka-luka yang Diderita Annisa Bahar, Putri, dan Sopirnya

Selain Sigurdsson, Hallgrimson juga menyertakan Aron Gunnarsson yang masih cedera, ke Rusia. Sigurdsson sudah dua bulan absen dari tim Everton. Sedangkan Gunnarsson yang bermain untuk Cardiff City, baru menjalani operasi lutut pada April lalu.

Islandia menjadi negara pertama peserta Piala Dunia 2018 yang mengumumkan skuatnya. Mereka mengumkan nama 23 pemain lewat saluran YouTube KSI pada 11 Mei 2018.

Heimir Hallgrimsson menyiapkan 12 pemain cadangan, untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin menimpa 23 pemain yang sudah ditetapkan.

Baca: Bulan Lalu Ada 3.597 Kendaraan yang Uji KIR di Tangerang Selatan

Selain mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya bertanding di Piala Dunia, Islandia juga mencetak rekor lainnya, yakni negara terkecil yang pernah ada dalam sejarah turnamen akbar empat tahunan itu.

Islandia yang dihuni 300 ribuan penduduk, menggeser Trinidad & Tobago sebagai negara terkecil yang menjadi peserta Piala Dunia. Negara Kepulauan Karibia tersebut membukukan rekor itu pada Piala Dunia 2006 lalu. Penduduk Trinidad & Tobago berjumlah 1,3 juta jiwa kala itu. (*)

Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved