Cuaca Buruk, Lalu Lintas Penerbangan Bermasalah

Lion Air melakukan pengalihan pendaratan karena cuaca buruk dengan jarak pandang 500 meter di Radin Inten II, Tanjung Karang

Cuaca Buruk, Lalu Lintas Penerbangan Bermasalah
Istimewa
MASKAPAI Lion Air 

LION Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan informasi bahwa penerbangan bernomor JT173 yang melayani rute Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH) tujuan Bandar Udara Internasional Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung (TKG) sudah kembali berjalan normal.

Sebelumnya arus lalu lintas penerbangan sempat mengalami masalah lantaran kondisi cuaca yang buruk.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air.

Ia menjelaskan terkait operasional JT173, bahwa untuk menjamin keselamatan, keamanan seluruh penumpang dan kru, pilot memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Dikarenakan cuaca buruk dengan jarak pandang 500 meter di Radin Inten II yang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan," ujar Danang kepada Warta Kota, Selasa (12/6/2018).

Penerbangan tersebut dioperasikan dengan pesawat Boeing 737-900ER (B739) registrasi PK-LJZ.

Membawa tujuh kru serta 207 penumpang dewasa, delapan anak-anak dan delapan bayi.

"Pilot sudah menjalankan tindakan sesuai standar operasi prosedur penerbangan dan berkoordinasi dengan pengelola bandar udara, AirNav selaku pengatur lalu lintas udara serta pihak terkait," ucapnya.

Menurutnya atas keadaan tersebut, Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak. Dan terus memperbarui informasi sesuai perkembangan.

Lion Air juga telah menerbangkan kembali JT173D dengan jadwal terbang dari Tangerang pukul 16.40 WIB dan mendarat di Tanjung Karang pada 17.30 WIB.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Bandar Udara Radin Inten II dinyatakan aman (safety) untuk proses operasional penerbangan.

"Kondisi cuaca buruk tersebut menyebabkan keterlambatan kedatangan flight JT173 seharusnya mendarat di Tanjung Karang pukul 14.15 WIB serta penundaan keberangkatan JT174 rute Tanjung Karang menuju Batam dengan jadwal semula pukul 15.00 WIB. Rute selanjutnya yang berpotensi terganggu yaitu Batam menuju Padang dan Padang ke Yogyakarta," kata Danang.

Danang menyebut pihaknya sudah menerbangkan JT174 dengan jadwal terbaru dari Tanjung Karang pukul 18.05 WIB dan tiba di Batam pada 19.20 WIB.

"Kami akan meminimalisir dampak yang timbul, sehingga operasional Lion Air lainnya tidak terganggu," paparnya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved