Lebaran 2018

Pendakian Gede Pangrango Ditutup, Gunung Salak Buka, selama Libur Lebaran

Selama 1 April-awal Juni 2018, sebanyak 13 pengunjung harus dievakuasi tim gabungan karena mengalami kecelakaan dalam perjalanan di jalur pendakian.

Pendakian Gede Pangrango Ditutup, Gunung Salak Buka, selama Libur Lebaran
Kompas.com/Budiyanto
PEMANDANGAN gususan gunung Gede Pangrango lereng selatan dilihat dari Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/6/2018). Dari kiri ke kanan, gunung Gumuruh, Gede, Pangrango, dan Masigit. 

MEMASUKI libur Lebaran, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menutup kegiatan wisata minat khusus pendakian gunung untuk umum pada Senin-Rabu (11-20 Juni 2018).

"Ya wisata pendakian gunungnya ditutup untuk umum selama liburan Lebaran," ujar Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar TNGGP, Mimi Murdiah kepada Kompas.com dalam pesan whatsapp, Minggu (10/6/2018).

Menurut dia, penutupan wisata pendakian kali ini berdasarkan rapat di Polres Cianjur, Kamis (31/5/2018), agar semua instansi mendukung ketertiban dan keamanan selama libur berlangsung.

"Aparat keamanan dan petugas lainnya akan fokus pada operasi ketupat lodaya," ungkap Mimi.

Wisata pendakian gunung, sambung dia, merupakan salah satu kegiatan yang berisiko kecelakaan. Bila terjadi kecelakaan, tentunya harus dilakukan upaya penyelamatan.

"Evakuasi ini tentunya melibatkan petugas, juga para volunteer (sukarelawan), bahkan anggota kepolisian,'' jelasnya.

Ilegal

Saat ditanya mengenai langkah-langkah untuk mencegah wisatawan pendakian gunung yang masuk secara ilegal, Mimi mengatakan, para petugas tetap berjaga di setiap pintu masuk.

"Ada petugas piket di setiap mintu masuk," tutur Mimi.

Mimi mengimbau para pendaki mengikuti aturan atau ketentuan pendakian di TNGGP. Sebab aturan dibuat untuk mencegah kejadian yang tidak diharapkan.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help