Ini Penyebab Penumpang Terminal Tanjung Priok Turun 40 Persen

JUMLAH penumpang di Terminal Tanjung Priok mengalami penurunan hingga 40 persen apabila dibandingkan pada tahun lalu.

Ini Penyebab Penumpang Terminal Tanjung Priok Turun 40 Persen
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Sebanyak 3.574 penumpang berangkat dari Terminal Tanjung Priok menuju berbagai kota di Pulau Jawa. Jumlah itu diperoleh selama empat hari terakhir yakni Kamis (7/6) hingga Minggu (10/6) jelang Hari Raya Idul Fitri. 

JUMLAH penumpang di Terminal Tanjung Priok mengalami penurunan hingga 40 persen apabila dibandingkan pada tahun lalu.

Kondisi itu diakibatkan beberapa hal seperti adanya program mudik gratis.

“Ini sangat menurun. Jadi begini, dari tahun kemarin sampai tahun sekarang itu ada penurunan sekitar 40 persen lah,” kata Kepala Terminal Tanjung Priok Mulya, Senin (11/6).

Kondisi penurunan jumlah penumpang itu bisa dilihat secara langsung di lapangan. Banyaknya bus yang menunggu di terminal menjadi bukti otentik berkurangnya jumlah pemudik di Terminal Tanjung Priok.

“Patokannya setiap terminal, kalau kendaraan numpuk berarti penumpangnya tidak ada. Kalau seandainya penumpang penuh pasti kendaraannya tidak ada. Kalau tahun lalu, penumpangnya banyak mobilnya tidak ada. Jadi kebalik,” ucapnya.

Menurut Mulya ada beberapa penyebab penurunan jumlah penumpang yang berangkat mudik dari Terminal Tanjung Priok. Salah satu penyebab utama penurunan tersebut adalah banyak program mudik gratis

“Penyebabnya karena mudik gratis sih, mudik gratis kan bisa sampai 30 ribu orang, belum yang dari Astra, belum yang dari Kemenhub. Mungkin juga karena jalan tol yang sudah bagus jadi pilih mobil carteran/pribadi atau libur sekolah yang panjang,” katanya.

Alhasil petugas di terminal harus mengatur sirkulasi kendaraan hingga sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan. Hal ini penting supaya tidak sampai mengakibatkan kemacetan karena banyak kendaraan yang berhenti.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved