Hj. Sias Mawarni Saputra, Owner Ice Cream Ragusa Yang Tetap Enerjik Di Usia Senja

Kiprah Hj Sias Mawarni pantas diacungi jempol, diusianya yang tidak muda lagi, ia justeru tak menyerah dalam berusaha dan menuntut ilmu

Hj. Sias Mawarni Saputra, Owner Ice Cream Ragusa Yang Tetap Enerjik Di Usia Senja
ist
Hj Sias Mawarni 

WARTA KOTA, GAMBIR -----  Kiprah Hj Sias Mawarni, owner Ice Cream Ragusa, yang tak kenal menyerah dalam mengarungi kehidupan termasuk dalam menuntut ilmu patut mendapatkan acungan jempol, betapa tidak, diusianya yang tak muda lagi, ia justeru berhasil menempuh pendidikan tingginya, diantaranya di Sastra Mandarin dan S2 Perbandingan Agama di UIN..

20180611 Hj Sias Mawarni
Hj Sias Mawarni (ist)

Saat ini ketika usianya telah mencapai 75, ia masih terlihat begitu enerjik dan lincah dalam berorganisasi maupun bersosialisasi dengan lingkungannya, ia bahkan masih mampu mengemudikan mobilnya sendirian, dan wanita berwajah oriental yang dikenal supel ini dikenal banyak orang suka membantu sesamanya, ia tak segan memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan pertolongannya,

Gerai ice cream Ragusa miliknya yang melegenda itu merupakan hasil kerja kerasnya yang tak mengenal menyerah hingga dikenal banyak orang, tak mengherankan keharuman nama Ice Cream Ragusa miliknya menarik perhatian aktor film laga Hongkong, Andy Lauw, yang pernah menyambangi gerai ice creamnya yang sederhana ketika berkesempatan datang ke Indonesia, Andy Lauw, mengaku senang dan sangat mencicipi kenikmatan rasa ice cream resep warisan keluarga Hj Sias Mawarni, yang masih terjaga hingga saat ini, dan saking senangnya aktor ganteng tersebut memberikan kenang kenangan berupa 6 buah kipas angin yang hingga sekarang masih terpasang di ruangan gerai Ice Cream Ragusa di Jalan Veteran 1, Jakarta Pusat.  

20180611 Hj Sias Mawarni
Hj Sias Mawarni (ist)

Selain aktif di dunia usaha dan organisasi, Hj. Sias Mawarni juga dikenal aktif di bidang pelestarian budaya daerah, hingga pernah mengirimkan misi kebudayaan dengan mengirimkan tim tari asuhannya ke berbagai festival tari di Korea Selatan, Tiongkok hingga ke , Singapura. 

Gerai Ice Cream Italia Ragusa, miliknya yang berada di Jalan Veteran No. 1 Jakarta Pusat ini, menyediakan berbagai varian rasa khas Italia yang dikenal lembut,enak dan lezat di lidah, seperti; Spaghetti, Coup De Maison, Tutti Frutti, Cassata Sicialiana, Banana Split dan aneka rasa lainnya sehingga bisa memanjakan lidah yang menikmati rasanya.

Hj Sias Mawarni sendiri tak menyangka, bila Gerai Ice Cream Ragusa yang dikelolanya bisa begitu terkenalnya dan sebesar sekarang ini, yang pasti kerja keras yang tak kenal menyerah ditambah kesabaran dan doa yang pariipurna, membuat gerai ice cream miliknya itu bisa seperti sekarang ini.

20180611 Hj Sias Mawarni
Hj Sias Mawarni (ist)

Diceritakan oleh Hj Sias Mawarni yang menuturkannya dari berbagai sumber, gerai Ice Cream Ragusa, pertama kali didirikan oleh dua orang berkebangsaan Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa, keduanya datang ke Batavia untuk belajar menjahit pada tahun 1930-an, dan setelah lulus, mereka kedua pergi ke Bandung dan bertemu dengan seorang wanita Eropa yang memiliki peternakan sapi dan memberikan banyak susu sapi kepada mereka, dan susu sapi pemberian itu dimanfaatkan oleh Luigie dan Vincenzo menjadi bahan baku untuk pembuatan ice cream Italia. Dibantu tiga orang saudara laki-laki lainnya,  keduanya mendirikan gerai Ice cream Ragusa pertamanya di Jalan Pos yang sekarang bernama Jalan Naripan, Kota Bandung, yang dalam perjalananya usaha itu dibantu teman dua bersaudara ini yang bernama Jo Giok Siaw atau yang juga disebut dengan nama Yo Giok Siang, yang merupakan teman semasa sekolah menjahit dulu..

20180611 Hj Sias Mawarni
Hj Sias Mawarni (ist)

Kemudian dua bersausara Luigie dan Vincenzo, mulai menjual Ice cream buatan tangannya sendiri pada 1932, di kawasan Pasar Gambir, tapi sayangnya tempat tersebut hanya ramai setahun sekali saja, tak mau menyerah begitu saja kemudian keduanya  membuka gerai baru di daerah Citadelweg, atau sekarang disebut Jalan Veteran I no. 10, Jakarta Pusat, yang menjadi cikal bakal dan menjadi pusat dari gerai ice cream yang melegenda ini.

 Meski begitu usaha ice cream yang mereka jalankan tidak selalu berjalan mulus dengan keuntungan yang banyak, justeru pada pada tahun 1945-1972, penjualan ice cream Ragusa sempat mengalami penurunan yang drastis sebagai akibat dari banyaknya pelanggan yang kebanyakan merupakan  warga negara asing yang pulang ke negaranya pasca kemerdekaan Indonesia.. 

20180611 Hj Sias Mawarni
Hj Sias Mawarni (ist)

Sejarah Ice Cream Ragusa, terus bergulir,  salah seorang dari pendiri Ragusa, yaitu Francesco Ragusa pada 1970 menikahi anak perempuan Yo Giok Siang yang bernama Liliana, namun sayangnya setelah menikah mereka pindah ke Grottaglie, Taranto , Italia dan usaha Ice Cream Ragusa diserahkan pengelolaanya ke adik Liliana yang bernama Buntoro Kurniawan atau yang dikenal dengan nama Yo Boen Kong dan istrinya Hj Sias Mawarni atau Lie Pik Yin yang mengelolanya hingga saat ini.

Halaman
12
Penulis: Nur Ichsan
Editor: m nur ichsan arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help