Destinasi Wisata Jalur Pantura

Jalur sepanjang 1.316 kilometer ini menjadi jalur favorit bagi pemudik dari Jakarta yang akan pulang ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Destinasi Wisata Jalur Pantura
Pantai Alam Indah yang terletak di Jalan Bali, Martoloyo, Mintaragen, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah menjadi salah satu ikon wisata Kota Tegal. (Foto: Istimewa) 

MUSIM mudik segera tiba. Bicara tentang mudik, satu jalur yang paling terkenal adalah jalur pantura atau pantai utara Pulau Jawa.

Jalur yang juga dikenal dengan nama Jalan Nasional Rute 1 ini menghubungkan dua pelabuhan penyeberangan yaitu Merak di ujung Barat pulau Jawa dan Ketapang di ujung Timur pulau Jawa.

Jalur pantura melewati banyak kota besar, eberapa di antaranya adalah Cilegon, Tangerang, Indramayu, Brebes, Tegal, Semarang, Pekalongan, Tuban, Gresik, Surabaya, Pasuruan, dan Banyuwangi.

Tak heran di sepanjang jalur pantura ini ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Apa saja ya? Berikut beberapa destinasi yang bisa dikunjungi seperti dikutip TribunTravel.com, Selasa (29/5).

1. Kampung Batik Trusmi

Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon, Jawa Barat merupakan sentra pembuatan dan penjualan kain batik dengan berbagai motif. Motif batik di sini identik dengan corak batik pesisir. Tak heran Kampung Batik Trusmi menjadi satu spot pemberhentian untuk membeli oleh-oleh.

2. Pantai Alam Indah

Di Tegal, ada satu spot untuk melepas lelah kala mudik sambil menikmati pantai. Yakni, di Pantai Alam Indah. Pantai Alam Indah juga menjadi satu ikon wisata Kota Tegal.

3. Museum Batik Pekalongan

Satu lagi destinasi yang berbau batik, yakni Museum Batik Pekalongan. Ada banyak koleksi batik yang dipamerkan di museum yang beralamat di Jalan Jetayu, No. 1 Pekalongan ini. Selain ke Museum Batik Pekalongan, kamu juga bisa mampir ke Pantai Pasir Kencana.

Halaman
12
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help