Bawa Kendaraan Pribadi Saat Mudik, Perhatikan 7 Hal Ini

Sebelum jalan mudik menggunakan mobil, sebaiknya perhatikan tips ini agar perjalanan Anda aman dan lancar.

Bawa Kendaraan Pribadi Saat Mudik, Perhatikan 7 Hal Ini
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kendaraan pemudik memadati rest area tol Fungsional Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Minggu (10/6/2018). 

MEMASUKI arus mudik lebaran, banyak masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk pergi ke kampung halaman.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance memberikan tujuh tips yang mesti diperhatikan pengendara sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, yaitu;

1. Cek kondisi mobil
Pastikan mobil yang akan digunakan telah diservis, agar performa mobil berfungsi dengan baik dan berpesan jangan membawa penumpang melebihi

"Pemudik harus mengecek kondisi mobil seperti mesin mobil, radiator, aki mobil, ban mobil (kondisi angin), maupun oli mobil," kata Julian dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/6/2018).

2. Kondisi tubuh
Saat mudik pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat hingga sampai di kampung halaman.

3. Siapkan beberapa barang yang diperlukan
Agar mudik terasa nyaman dan terhindar dari hal yang tidak terduga, ada baiknya menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan mudik seperti ban serep, dongkrak, toolkit, alat navigasi, kotak P3K, kartu identitas dan uang tunai.

4. Istirahatlah setiap tiga jam sekali
Julian menyarankan agar pengemudi beristirahat setidaknya tiga jam sekali untuk mengembalikan komdisi tubuh yang lelah dan mengembalikan konsentrasi.

"Tidak perlu terburu-buru agar bisa sampai tempat tujuan, utamakan keselamatan karena keluarga menunggu di kampung halaman, beristirahatlah tiga jam sekali," katanya.

5. Patuhi peraturan lalu lintas
Selama perjalanan mudik agar tetap selamat dan aman, pengemudi harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan.

6. Simpan nomor penting
"Jangan lupa menyimpan nomor-nomor penting apabila menghapi keadaan darurat seperti 119 untuk ambulans, 110 untuk kepolisian, 1500 669 untuk NTMC Call Center, ataupun contact center perusahaan untuk mobil derek," ujar Julian

7. Beli asuransi
Berbagai risiko selama perjalanan mudik akan semakin meningkat seperti risiko kecelakaan. Maka Julian mengimbau agar pemudik memilih perusahaan asuransi yang bisa mengcover secara baik.

"Tidak hanya untuk lecelakaam, pastikan asuransi yang Anda pilih juga melindungi rumah yang ditinggali, jadi mudik akan semakin tenang," katanya.

PT Asuransi Adira juga mempersiapkan pelayanannya 24 jam bagi para pelanggan yang membutuhkan pertolongan maupun perlindungan selama periode mudik lebaran melalui contact center Adira Care 1500 456.

“Kami mempersiapkan layanan Emergency Road Assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuan penggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya. Jika Pelanggan mengalami musibah saat perjalanan mudik, pelanggan bisa langsung menghubungi contact center Adira Care,” kata Julian.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help