Mudik 2018

VIDEO: Cerita Bowo, Lansia Pemudik Pakai Sepeda

"Ini sudah yang ketiga kali, sebelumnya pada saat saya usia 55 tahun terus pada saat usia 60 tahun.

Mudik ke kampung halaman tiap kali momen lebaran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Mereka mudik untuk bersilaturahmi kepada sanak saudara.

Kebanyakan dari mereka mudik menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum maupun sepeda motor.

Tapi tidak untuk Wibowo, usia 63 tahun. Diusianya yang tidak muda lagi, ia malah memanfaatkan euforia mudik Lebaran tahun ini dengan menggunakan sepeda.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, Ia jalani perjalanan mudik lewat cara mengayuh sepeda dari Jakarta menuju Solo. Tentu saja, ini tak lazim bagi seorang lansia pada umumnya.

"Saya senang berpetualang aja, kalau naik mobil mah sudah bosan dan biasa. Ini juga kan sekalian refreshing ya maklum saya pensiunan mau ngapain lagi," tuturnya saat ditemui Warta Kota di Jalan KH Noer Ali Kalimalang Kota Bekasi, pada Sabtu (9/6/2018) sore.

Bowo panggilan akrabnya, memulai perjalannya dari rumahnya di Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada pukul 12.00 siang, ia baru sampai Kalimalang pada pukul 16.30 sore.

Menurut Bowo, mudik menggunakan sepeda merupakan yang ketiga kalinya dengan kali ini.

"Ini sudah yang ketiga kali, sebelumnya pada saat saya usia 55 tahun terus pada saat usia 60 tahun. Nah sekarang saya milih mudik pakai sepeda lagi tahun ini, nanti Oktober usia saya genap 63 tahun," ucapnya sambil duduk santai dipinggir jalan Kalimalang.

Bowo mengungkapkan butuh enam hari perjalanan mudik dari Jakarta menuju Solo. Ia juga tidak pernah memaksakan dan menargetkan tiba lebih cepat.

"Kalau saya memang tujuannya refreshing apalagi momen lebaran ini, jadi lebih seru. Kalau bukan momen lebaran mah seperti kurang euforianya ya," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved