Mudik 2018

Sandiaga Uno Berharap Pemudik Tidak Kembali Lagi ke Jakarta 

"Mereka membawa rejekinya dari Jakarta untuk berinvestasi di daerahnya sehingga lapangan kerja tumbuh di daerah..”

Sandiaga Uno Berharap Pemudik Tidak Kembali Lagi ke Jakarta 
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
BPJS Ketenagakerjaan melepas peserta mudik gratis dari 6 titik. Di Jakarta, pemudik yang pulang kampung secara gratis dilepas langsung oleh E Ilyas Lubis selaku Direktur Kepesertaan BPJS TK dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6/2018). 

MENERIMA kedatangan para pekerja dari sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa setiap tahunnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap pemudik non warga Jakarta yang kini tengah melakukan perjalanan dalam rangka merayakan Idul Fitri, tidak kembali lagi ke Ibu Kota.

“Harapan kita, mereka bisa berbagi rejeki sehingga menumbuhkan ekonomi dan mengurangi kesenjangan yang ada di Ibu Kota dan daerah lain,” ujar Sandi saat melepas 5.000 pemudik dalam rangka Mudik Bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sabtu (9/6/2018).

Baca: Satgas BBM Siap Layani Pengguna Tol yang Kehabisan BBM

Baca: Selama Cuti Bersama Lebaran, Ganjil Genap di Pintu Tol Tidak Berlaku

Dengan mengandalkan tradisi tahunan orang Indonesia pulang kampung, Sandi mengatakan hal tersebut bisa mengurangi urbanisasi terutama jika para pekerja yang sebelumnya mencari nafkah di Jakarta bisa membuka usaha di kampung masing-masing.

“Kalau ini bisa bertumbuh, level urbanisasi bisa berkurang dan itu harapan kita untuk meningkatkan lapangan pekerjaan,” papar Sandi.

Setiap tahunnya, Sandi memaparkan sebanyak 200.000 – 250.000 pendatang yang mencoba mencari nafkah di Ibu Kota.

Baca: Pemudik di Stasiun Pasar Senen Mulai Membludak

Demi menekan angka tersebut, Sandi berharap pemerintah dapat melakukan pemerataan pembangunan di Indonesia, salah satunya dengan pembangunan ekonomi di daerah.

“Para pemudik ini adalah duta besar ekonomi untuk di daerahnya masing-masing, mereka bawa rejekinya dari Jakarta untuk berinvestasi di daerahnya sehingga lapangan kerja tumbuh di daerah,” kata Sandi.

Dengan program Mudik Bersama BPJS Ketenagakerjaan yang memberangkatkan total 10.000 pemudik dari enam wilayah yakni Jakarta, Tangerang Selatan, Cikarang, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta, Sandi melihat bagaimana potensi ekonomi di daerah bisa dikembangkan.

“Kami melihat bagaimana 10.000 peserta mudik ini akan menebar rejeki di wilayah masing-masing, di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” tutur Sandi. 

Baca: Jangan Senang Lihat WTP Pemprov Anies-Sandi, Tetap Berpotensi Korupsi

Baca: Rest Area KM39 Jalur Tol Jakarta-Cikampek Masih Sepi

Baca: Ustaz Arifin Ilham Ulang Tahun Dikasih Hadiah Spesial dari Istri Pertamanya

Minta Rezeki Digunakan dengan Bijak

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help