Mudik 2018

Ini Tip dari Menteri Kesehatan untuk Para Pemudik

"Kalau suami bawa mobil istri ribut terus, jangan, nanti suami tidak fokus. Dukung suami. Jangan stres lah, THR kan sudah dapat...”

Ini Tip dari Menteri Kesehatan untuk Para Pemudik
Dok. Depkes
MENTERI Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila Farid Moeloek Sp.M(K) 

MENTERI Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek memberikan beberapa tips saat mudik. Menurutnya, saat perjalanan jauh, semua yang mudik harus dalam kondisi sehat dan jangan stres.

“Kita kalau mudik ke Padang mungkin bisa dua hari satu malam karena cukup jauh.  Perjalanannya memang melelahkan. Kita meminta pengemudi dan pemudik untuk menyiapkan dirinya agar sehat.  Bapak ibunya mungkin sehat tapi anaknya yang dibawa sakit diare misalnya, apa tetap mau dibawa? Kita harus tahu konsekuensinya apa," kata Prof Nila.

"Kita juga  dalam keadaan yang jangan terjalu excited agar stres berkurang. Karena kita ingin berkumpul dengan keluarga jadi kita harus senang,” imbuhnya saat  acara pelepasan 25 bus untuk Pulang Mudik Bersama Bagi Karyawan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jumat (8/6/2018).

Ia juga meminta agar pengemudi jangan minum obat-obatan yang membuat mengantuk. Kalau perjalanan panjang sekali, untuk motor harus istirahat tiap dua jam sekali dan mobil 4 jam sekali.

Suhu saat ini yang panas dikala siang bisa 34 derajat celcius, dan malam 23 derajat celcius  di jalur mudik membuat harus memperbanyak minum banyak. Karena proses penguapan dari tubuh terjadi. Harus banyak minum air putih dan banyak istirahat. Jangan minum alkohol  dan minuman berenergi tinggi. 

"Jam pergi atau berangkat mudik juga harus diatur. Umumnya kecelakaan terjadi  ketika berangkat siang. Malam tidak tidur, siang kepanasan dan menjelang magrib kecelakaan lebih tinggi,” ujar Prof Nila.

Minum air putih sebanyak 2 liter sangat disarankan. Minuman berenergi dan yang manis-manis harus dihindari karena dikhawatirkan membuat tidak fit

Untuk menghindari debu terutama pengendara motor harus menggunakan masker. Cuci tangan, dan pilih makanan yang sehat dan bersih. Gunakan tetes mata juga penting karena mata bisa kering kalau suhu tinggi. Bisa ditetes dengan air mata buatan dan boleh digunakan tiap jam kapan saja karena tidak ada efeknya.

“Kecelakaan banyak terjadi justru di jalan yang non tol. Kalau di tol justru agak macet dan membuat kecelakaan rendah karena tidak bisa melaju kencang,” katanya. 

Menjaga agar stres di jalan juga penting. Walaupun kondisi macet. Menurutnya, walaupun macet, banyak hiburan yang bisa dinikmati.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved