Ramadan 2018

Pasar Tanah Abang Mulai Ramai, Transaksi Naik 30 Persen Jelang Lebaran

"Hanya saja mereka belinya satuan, bukan grosiran. Karena kalau grosiran, mereka biasanya langsung kirim paket..""

Pasar Tanah Abang Mulai Ramai, Transaksi Naik 30 Persen Jelang Lebaran
Antara/Sigid Kurniawan
CALON pembeli memilih busana di Pasar Tanah Abang, Minggu (10/6/2018). Pasar ini mulai diserbu pengunjung yang berbelanja busana dan segala macam keperluan Lebaran. 

DIREKTUR Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menyampaikan bahwa dirinya senang melihat pergerakan pembeli di Pasar Tanah Abang yang ramai menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ia memperkirakan geliat transaksi yang dilakukan pembeli dan penjual naik 20-30 persen dari hari biasanya.

"Saya senang melihat Tanah Abang ramai. Secara transaksi sebenarnya ngga ada lonjakan yang luar biasa, tetapi pergerakan manusianya luar biasa. Transaksinya kira-kira naik 10-20 persen. Sekarang average transaksi Rp 200 miliar per hari, sekarang mungkin bisa Rp 230 miliar per hari," ujar Arief saat dikonfirmasi, Jumat (8/6).

Kendati demikian, transaksi yang terjadi bukan berasal dari pembeli grosiran lantaran barang para pembeli besar langsung meminta agar barangnya dikirimkan ke tempatnya masing-masing.

"Hanya saja mereka belinya satuan, bukan grosiran. Karena kalau grosiran, mereka biasanya langsung kirim paket," ungkapnya.

Guna mengantisipasi hal serupa di tahun-tahun mendatang, pihaknya masih memiliki rencana untuk membangun sky bridge guna mengatur sirkulasi pembeli dan pengunjung yang hanya singgah di dekat Pasar Tanah Abang.

"Pergerakan manusianya kenapa penuh? Karena kan ada sebagian dari mereka yang bukan pembeli pasar, ada yang memang habis turun dadi kereta lalu mau ke daerah lain. Makanya Pak Gubernur mau bikin sky bridge di atas biar pembeli ngga turun ke bawah. Kalau sekarang kan semuanya tumpah ruah di sana," katanya. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help