Ignasius Jonan Meninjau Gunung Merapi: Wisatawan Tidak Perlu Khawatir

Ignasius Jonan meninjau kondisi terkini Gunung Merapi dari Pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Yogyakarta, Kamis (7/6/2018) malam.

Ignasius Jonan Meninjau Gunung Merapi: Wisatawan Tidak Perlu Khawatir
Setkab.go.id
IGNASIUS Jonan 

WARTA KOTA, PALMERAH---Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau kondisi terkini Gunung Merapi dari Pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Yogyakarta, Kamis (7/6/2018) malam.

"Wisatawan tidak perlu khawatir ya, saya kira akan aman-aman saja," kata Jonan.

Baca: Asap Solfatara Bertekanan Lemah hingga Tebal Masih Muncul di Puncak Gunung Merapi

Usai letusan pada 1 Juni 2018, Merapi diprediksi masih akan menghembuskan gas hingga akhir bulan ini.

Para pengamat gunung api dan geofisis pada Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memperkirakan hingga akhir bulan ini kemungkinan hembusan asap seperti yang belakangan terjadi bisa saja terjadi lagi.

Jonan mengatakan, letusan tersebut tidaklah berbahaya walau terkadang mengeluarkan suara yang besar.

Baca: Jelang Tengah Malam Gunung Merapi Kembali Meletus Dua Kali

"Letusan-letusan itu dianggap tidak berbahaya, karena bukan letusan freatik, apalagi magmatik, jadi ini hembusan gas saja yang banyak. Memang kadang-kadang suaranya besar, tetapi tidak membahayakan," kata Jonan.

Sementara untuk penerbangan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2018, menurut Jonan, sifatnya taktis tergantung arah dan kecepatan angin saat terjadi letusan.

"Kalau penerbangan tergantung arah angin dan yang kedua kecepatan anginnya. Arahnya ke mana bisa saja. Gunung ini mengeluarkan hembusan abu, seperti yang lalu, Bandara Adisutjipto buka, tetapi Bandara Ahmad Yani yang tutup. Tetapi itu kan taktis, itu tidak bisa diprediksi, karena tidak ketahuan persis kapan terjadinya," katanya.

Baca: Setelah Letusan Pagi Hari, Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Masih Tinggi

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar, mengatakan, Kementerian ESDM terus berkoordinasi dengan pihak lain terkait kondisi Merapi, yakni dengan pemerintah daerah, termasuk dengan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), dan relawan Merapi.

Saat ini Merapi masih berstatus level II (waspada). Masyarakat dan wisatawan diimbau untuk tidak melakukan pendakian dan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari puncak Merapi, kecuali untuk penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Kontan.co.id/Pratama Guitarra 

Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Kunjungi Pos Pengamatan Gunung Merapi, Jonan: Wisatawan Tak Perlu Khawatir

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved