Ajang Putera Puteri Maritim Indonesia kembali Digelar, Simak Pendaftarannya

Pendaftaran PPMI 2018 dibuka sejak 8 Juni hingga 8 Juli 2018. Peserta dipersilakan mengunduh berkas lamaran melalui laman resmi PPMI.

Ajang Putera Puteri Maritim Indonesia kembali Digelar, Simak Pendaftarannya
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
PARA pemenang Putera Puteri Maritim 2017 usai konferensi pers tentang ajang pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (8/6/2018). 

UNTUK ketigakalinya diadakan lagi ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia tahun 2018.

Pelindung Yayasan Pemilihan Putra-Putri Maritim Indonesia (PPMI) Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno SH menuturkan, ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim ini bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia mengembalikan kejayaan Maritim Indonesia.

"Ajang ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah mendidik putera-puteri yang benar-benar mencintai negerinya. Hal ini sejalan dengan visi Presiden RI, Bapak Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," tuturnya kepada wartawan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (8/6/2018).

Pembukaan pendaftaran PPMI 2018 akan dibuka sejak 8 Juni hingga 8 Juli 2018. Peserta dapat melakukan pendaftaran secara mandiri untuk mengunduh berkas lamaran melalui laman resmi PPMI www.puteraputerimaritimindonesia.com.

PARA pemenang Putera Puteri Maritim 2017 bersama pelindung Yayasan PPMI Laksamana TNI ( Purn) Tedjo Edhy Purdijatno (paling tengah) usai konferensi pers tentang ajang pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (8/6/2018).
PARA pemenang Putera Puteri Maritim 2017 bersama pelindung Yayasan PPMI Laksamana TNI ( Purn) Tedjo Edhy Purdijatno (paling tengah) usai konferensi pers tentang ajang pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (8/6/2018). (Warta Kota/Lilis Setyaningsih)

Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18-26 tahun yang belum pernah menikah dan memiliki tingkat pendidikan minimal SMA atau sederajad. Seluruh syarat harus didukung oleh berkas pendukung yang sahih, sehat jasmani dan rohani dengan tinggi badan minimal 165 cm untuk perempuan dan 170 untuk laki-laki.

Peserta wajib memiliki kemampuan berenang atau salah satu cabang olahraga air dan merupakan perwakilan dari daerah melalui seleksi dari tingkat provinsi dan nasional.

Setelah melewati proses pendaftaran, seleksi administrasi serta seleksi wawancara, para finalis akan menjalani proses Pendidikan dan Pelatihan yang digelar selama 10 hari di Komando Armada-l, Pondok Dayung Jakarta Utara.

Pelatihan Ala Militer

Dalam masa Pendidikan dan Pelatihan yang dimulai dari tanggal 11-21 September 2018, para finalis mendapatkan berbagai macam materi dan kegiatan pelatihan, di antaranya pelatihan ala militer, seperti baris berbaris, menembak, memanah, dan kegiatan militer Iainnya.

Selain pelatihan ala militer tersebut, tentu saja finalis juga mendapatkan materi kemaritiman, pariwisata, komunikasi dan informasi, pengenalan diving, public speaking, table manner, beauty class, Lingkungan Hidup, Iptek, pengelolaan sampah termasuk melakukan bakti sosial di Pulau Edam, Kepulauan Seribu.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved