Lebaran 2018

KAI Operasikan Kereta Lebaran, Jadwal Commuter Line Terganggu

Pengoperasian Kereta Lebaran bakal memengaruhi jadwal perjalanan Commuter Line, khususnya pada jadwal pagi dan malam hari.

KAI Operasikan Kereta Lebaran, Jadwal Commuter Line Terganggu
m16/Anggie Lianda
DIREKTUR Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahadrjo, melepas peserta mudik gratis menggunakan mode Kereta Api (KA) di St Pasar Senen Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018). 

PENGOPERASIAN Kereta Lebaran yang dibuka PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama musim mudik Lebaran diakui Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Wiwik Widayanti, bakal memengaruhi jadwal perjalanan Commuter Line.

Keterlambatan keberangkatan diyakininya terjadi, khususnya pada jadwal pagi dan malam hari.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah berkordinasi dengan PT KAI Daerah Operasi (Daops) 1 DKI Jakarta. Sehingga gesekan yang terjadi antara Kereta menengah ataupun jaraj jauh dengan Commuter Line dapat dikurangi.

"Kita koordinasi dengan Daops 1 supaya tidak terjadi keterlambatan (KRL) yang begitu tinggi. Kalau pelambatan itu biasanya karena ada kereta datang di pagi dan keberangkatan di malam hari. Sementara, kalau siang masih bisa kita atasi," kepada wartawan dalam jumpa pers di kantor PT KCI, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (7/6/2018).

Dirinya memaparkan, persinggungan secara teknis telah dipetakan pihaknya, seperti keberangkatan KA pada malam hari didominasi KA asal Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, sedangkan pada hari, perjalanan didominasi KA balik dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Wiwik menjelaskan, apabila KA tersendat di Stasiun Manggarai maka perjalanan Commuter Line yang turut bermuara, seperti KRL Lintas Bogor atau Lintas Bekasi juga akan terpengaruh.

Untuk itu, KCI juga menambah jumlah petugas di sejumlah stasiun yang berpotensi mengalami kepadatan.

"Dari sisi operasi sudah melakukan pengaturan. Sehingga tidak saling tabrak tapi kalau mana kala ada yang terlambat biasanya akan terpengaruh," ujarnya

Enam area operasional

Terkait kepadatan selama musim lebaran, KRL katanya mengalami pelonjakan penumpang terutama di H+2 Lebaran.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help