Ramadan 2018

Harga Bahan Pokok Stabil, Daya Beli Masyarakat Justru Turun

"Harapannya mudah-mudahan harga saat ini bisa kita pertahankan H-1 Lebaran. Juga ketersediaan barang dapat terjaga.."

Harga Bahan Pokok Stabil, Daya Beli Masyarakat Justru Turun
Istimewa
ASISTEN Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Sri Yuliani mengunjungi Pasar Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018), dalam rangka stabilisasi harga bahan pokok. 

DAYA beli masyarakat saat ini turun, meskipun tidak ada lonjakan harga kebutuhan yang signifikan. Demikian dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Sri Yuliani saat kunjungan lapangan dalam rangka Stabilitas Harga Bahan Pokok di Pasar Tebet Barat, Tebet, Jakarta Barat, Kamis (7/6/2018).

"Kalau harga relatif stabil. Yang kita sayangkan itu daya beli masyarakatnya yang menurun. Hanya di beberapa tempat saja atau di beberapa komoditi tertentu yang meningkat. Tapi secara umum memang berkurang, penyebabnya mungkin karena pasokan bahan pokoknya melimpah," tuturnya.

Sri berharap harga bahan pokok tersebut dapat dipertahankan hingga satu hari sebelum idul fitri nanti.

Baca: Dirut Jasa Raharja Berangkatkan 1.216 Peserta Mudik Gratis dengan KA

"Harapannya mudah-mudahan harga saat ini bisa kita pertahankan H-1 Lebaran. Juga ketersediaan barang dapat terjaga karena kalau kurang bisa kita sounding lagi," ungkapnya.

Terkait harga kebutuhan, Sri bilang saat ini masih cenderung stabil. Hanya beberapa komoditi saja yang alami kenaikan. Justru, sebagian komoditi malah turun harga.

"Ada beberapa harga pasar yang stabil, tapi sebagian besar malahan turun. Saya ambil contoh di antaranya cabai keriting, cabai merah serta bawang merah, telur dan minyak, sementara harga beras stabil," terangnya.

Baca: Mudik Lebaran, Ada 1,4 Juta Kendaraan Bakal Keluar dari Jakarta Melalui Tiga Ruas Jalan Tol

Sri menuturkan, cabe keriting semula di angka Rp 50 ribu, sekarang turun ke Rp 40 ribu. Sementara, cabai besar semula Rp 70 ribu, sekarang Rp 50 ribu.

"Untuk daging tidak terlalu signifikan naiknya Rp 10 ribu. Tidak seperti tahun lalu, kalau tahun sekarang dari Rp 5 ribu sampai 10 ribu. Kalau daging ayam Rp 3 ribu sampai 5 ribu. Itu prediksi kenaikannya jelang lebaran," paparnya.

Baca: Mudik Lewat Jalan Tol? Baca Dulu Informasi Dari Jasa Marga Berikut Ini

Sebelumnya, di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan sejumlah pedagang juga mengaku belum ada peningkatan permintaan sejumlah kebutuhan pokok.

"Biasa saja penjualannya. Belum naik. Padahal tahun-tahun sebelumnya itu naik sejak awal ramadan. Tapi tahun ini biasa-biasa saja," kata Harmi (55) pedagang daging ayam di Pasar Pondok Labu. 

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved