GPAN Sebut Tio Pakusadewo Layak Direhabilitasi

Suswandi menegaskan bahwa Tio tidak layak untuk dipenjarakan, karena pengguna harus disembuhkan

GPAN Sebut Tio Pakusadewo Layak Direhabilitasi
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Tio Pakusadewo (54) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Senin (7/5/2018). 

BANYAK yang menyayangkan tuntutan hukum yang diberikan kepada aktor gaek Tio Pakusadewo (54), oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) medio Senin (4/6/2018) lalu.

Berbagai pihak berbondong-bondong datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018) untuk memberikan dukungan kepada Tio.

Dukungan datang dari selebriti tanah air, seperti Jajang C Noer, Aming, Marcella Zalianty, Donny Damara, dan sederet artis PARFI 56, serta teman-teman sekolah Tio.

Tidak hanya itu, terdapat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yakni dari Gerakan Peduli Anti Narkotika (GPAN) hadir ke Pengadilan.

Ketua Umum GPAN, Brigjenpol Drs. Siswandi menegaskan bahwa tuntutan enam tahun kurungan penjara dan denda Rp. 800 juta, tidak layak diterima oleh Tio Pakusadewo.

"Tio itu pengguna, bukan pengedar. Jadi tidak layak jika mendapatkan hukuman seperti itu dari JPU," kata Siswandi.

Menurut Suswandi, dalam pasal yang disangkakakn oleh JPU, yakni Pasal 114 jo 112, subsider pasal 127 jo pasal 132 UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, sudah tertera bahwa Tio adalah pengguna.

Sehingga Siswandi menilai JPU keliru memberikan tuntutan hukum kepada Tio yang dinilai tinggi, jika memang dikabulkan majelis hakim.

"Pasal 127 itu sudah tegas yah berisikan bahwa pengguna itu harus direhabilitasi, bukan di penjara atau dihukum," ucapnya.

Lanjut Suswandi, ia menegaskan bahwa Tio tidak layak untuk dipenjarakan, karena pengguna harus disembuhkan dari barang haram narkotika.

"Jadi Tio itu tidak layak untuk dipenjara. Tio layak untuk direhabilitasi," ujar Siswandi. (ARI)

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help