Ramadan 2018

PNS Gadungan Ngider Minta THR di Kebayoran Lama

Seorang PNS gadungan diamankan saat melakukan pemerasan kepada sejumlah warga dan pengusaha di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (6/6).

PNS Gadungan Ngider Minta THR di Kebayoran Lama
Warta Kota/Feryanto Hadi
Seorang Pegawai Negeri Sipil gadungan diamankan saat melakukan pemerasan kepada sejumlah warga dan pengusaha di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018). 

SEORANG Pegawai Negeri Sipil (PNS) gadungan diamankan saat melakukan pemerasan kepada sejumlah warga dan pengusaha di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Modus yang dilakukan, dengan membuat surat permintaan bantuan terkait Hari Raya Idul Fitri yang mengatasnamakan Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Kebayoran Lama.

Dalam penangkapan itu, ratusan surat permohonan ditemukan beserta ratusan ribu uang hasil pemerasan.

Camat Kebayoran Lama, Sayid Ali memastikan pria bernama Nazarudin dipastikan bukanlah PNS.

Dia adalah pengangguran yang mengaku dirinya sebagai PNS di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup.

"Sehubungan dengan beredarnya surat permohonan THR yang mengatasnamakan dari Dinas Kebersihan Kecamatan Kebayoran Lama, maka dengan ini saya selaku camat kebayoran lama mengklarifikasi bahwa surat tersebut tidak benar," kata Sayid Ali dikonfirmasi Warta Kota, Rabu (6/6/2018).

Dalam surat permohonan, pelaku meminta uang THR untuk 75 Pekerja Harian Lepas (PHL) kecamatan Kebayoran Lama.

Lucunya, dalam surat itu, ia menuliskan nama Kepala Dinas Kebersihan Kecamatan bernama Drs Alek.

"Di kecamatan tidak ada kepala dinas. Yang ada Kasatpel Lingkungan Hidup bernama Safruddin, bukan Drs. Alek sebagaimana tertera dalam surat tersebut," imbuhnya.

Penangkapan ini bermula saat warga dan pengusaha di wilayah Kebayoran Lama merasa janggal adanya surat permintaan THR dari PNS gadungan itu.

Pelaku dibekuk aparat gabungan saat sedang berada di Kantor Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jalan Iskandar Muda.

Saat ditangkap, ditemukan barang bukti berupa 134 kupon tanda pembayaran retribusi kebersihan lingkungan, satu lembar surat permintaan THR dan satu buah stempel Dinas Kebersihan Kebayoran Lama.

Kasatpel Lingkungan Hidup Kecamatan Kebayoran Lama menambahkan, awalnya ia mendapatkan laporan dari staffnya soal adanya surat permintaan retribusi kebersihan dan THR kepada pasukan orange.

"Staf saya bilang sudah menangkap seorang yang diduga telah memalsukan kupon dan stempel Dinas Kebersihan. Saya kemudian laporkan ke polisi karena itu adalah kejahatan," ungkapnya.

Pelaku kini sudah berada di Mapolsek Kebayoran Lama untuk diperiksa lebih lanjut

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help