Pemudik Waspada Kemacetan di Jalur Inspeksi Kalimalang dan Sentral Grosir Cikarang

Polres Metro Bekasi menyebutkan ada dua titik fokus jajarannya dalam mengatasi kemacetan di jalur pantura Kabupaten Bekasi.

Pemudik Waspada Kemacetan di Jalur Inspeksi Kalimalang dan Sentral Grosir Cikarang
Jalan depan pasar Tambun, Kabupaten Bekasi. (Foto: Muhammad Azzam). 

POLRES Metro Bekasi menyebutkan ada dua titik fokus jajarannya dalam mengatasi kemacetan di jalur pantura Kabupaten Bekasi. Dua titik itu ialah Jalur Inspeksi Kalimalang dan Sentral Grosir Cikarang (SGC).

"Perkiraan kami itu titik kepadatan, di Inspeksi Kalimalang dan depan SGC," tutur Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Candra Sukma Kumara, kepada Warta Kota, Rabu (6/6/2018).

Candra mengungkapkan untuk mengatasi kepadatan itu, untuk di SGC pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengarahkan pemudik untuk berbelok ke Jalan Yos Sudarso tidak melalui Jalan depan SGC.

Jalan depan pasar Tambun, Kabupaten Bekasi. (Foto: Muhammad Azzam).
Jalan depan pasar Tambun, Kabupaten Bekasi. (Foto: Muhammad Azzam). ()

Sementara untuk kepadatan di Jalur Inspeksi Kalimalang, petugas kepolisan dan Dishub akan standby mengatur ditiap pertigaan dan perempatan.

"Kalau di Kalimalang kan banyak pertigaan dan perempatan itu yang buat jadi macet. Petugas akan standby untuk memastikan arus lalu lintas lancar," ujarnya.

Selain itu, Ia menambahkan Polres Metro Bekasi juga menyiapkan 11 pos pengamanan (Pospam) dan 5 Pos Pelayanan (Posyan) di jalur mudik pantura Kabupaten Bekasi dan juga rest area.

Kombes Pol Candra Sukma Kumara mengatakan, pos pengamanan tersebut berfungsi untuk mamantau pergerakan maupun mengatur arus lalu lintas.

Untuk pos pelayanan sebagai lokasi infomasi bagi para pemudik, tempat istirahat maupun tempat pemudik meminta bantuan disaat ada kendala diperjalanan.

Ia menambahkan sebanyak 720 personil gabungan dari kepolisan, TNI, Pokdar Kamtibmas, dan Pramuka yang akan standby diseluruh Pos Pengamanan dan Pelayanan.

"Masyarakat dipersilahkan untuk menanyakan atau mampir ke Pos yang tersedia untuk menanyakan informasi maupun beristirahat, jangan memaksakan diri jika kondisi lelah dan ngantuk. Tetap patuhi aturan dam arahan petugas kami dilapangan," paparnya.

Sementara itu, Plt Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi Suhup mengungkapkan ada beberapa pasar tumpah yang bakal menghambat arus lalu lintas para pemudik seperti depan Pasar Tambun, Pasar Induk Cibitung, pasar Lemah Abang. Kemacetan di titik simpul itu disebabkan di antaranya parkir kendaraan di jalan dan lapak pedagang yang terlalu makan jalan.

"kita akan semaksimal mungkin untuk menertibkannya dengan bekerjasama kepada Satpol PP Kabupaten Bekasi, dan Satpol PP kemarin sudah menyanggupi tapi sebelumnya harus ada surat permohonan terlebih dahulu dari kita,” paparnya. (m18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help