Tips Mudik Meninggalkan Rumah Kosong dari Kapolres Jakarta Pusat

"Contoh seperti cek listrik, memadamkan semua api-api gas semua dipadamkan dan saluran listrik juga harus dimatikan

Tips Mudik Meninggalkan Rumah Kosong dari Kapolres Jakarta Pusat
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Roma Hutajulu 

Kondisi rumah yang kosong saat ditinggal mudik sering menyebabkan masyarakat mengkhawatirkan kondisi keamanan rumahnya. Perayaan hari raya kemenangan pun terganggu lantaran perasaan was-was.

Guna meminimalisir tindakan kriminal pencurian rumah kosong, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu memberikan sejumlah tips kepada para pemilik rumah.

"Diharapkan pemilik rumah melaporkan kepada ketua RT/RW setempat. Hal itu nanti akan diantisipasi oleh jajaran kepolisian, TNI dan warga sekitar untuk melaksanakan patroli saat mudik lebaran," ucap Roma, Selasa (5/6).

Tak hanya keamanan terkait tindak kriminalitas. Roma juga memberitahukan terkait petingnya melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik agar tak terjadi korsleting yang menyebabkan kebakaran.

"Contoh seperti cek listrik, memadamkan semua api-api gas semua dipadamkan dan saluran listrik juga harus dimatikan. Sehingga tidak ada lagi sumber-sumber listrik, istilahnya sumber-sumber api. Tiga unsur api bisa bertemu dipercikan pemicu kebakaran," ujarnya.

Di Jakarta Pusat sendiri, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan Pemkot Jakarta Pusat guna melakukan patroli skala kecil, besar dan sedang yang juga akan melibatkan sejumlah elemen masyarakat.

Rumah-rumah kosong nantinya akan didata oleh pihak kelurahan agar nantinya titik-titik rumah kosong terpantau oleh petugas saat melakukan patroli.

"Sekuriti dan satpam masing-masing pemukiman untuk memiliki data rumah-rumah kosong dan akan diinformasikan ke pihak Kodim, Koramil, Polsek dan kemudian pihak keamanan Kelurahan dan Kecamatan. Sehingga kita akan mengatur bagaimana mekanisme pola patroli gabungan tadi sinergitas," tutur Roma. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help