Tim Khusus Pengelola Tol JORR untuk Antisipasi Kemacetan di Simpang Susun Cikunir Saat Arus Mudik

Pengelola Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) menyiapkan tim khusus untuk memperkuat layanan bagi para pemudik.

Tim Khusus Pengelola Tol JORR untuk Antisipasi Kemacetan di Simpang Susun Cikunir Saat Arus Mudik
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kesiapan dilakukan seperti memastikan kesiapan petugas, kendaraan patroli, serta pihak kepolisian yang akan mengatur lalu lintas jika nanti terjadi kepadatan, terlebih di saat menuju area koneksi dengan ruas tol Jakarta-Cikampek. 

PIHAK PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ) selaku pengelola Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) menyiapkan tim khusus untuk memperkuat layanan bagi para pemudik.

Direktur Utama JLJ, Ricky Distawardhan menjelaskan, jalur tol JORR merupakan jaringan jalan tol yang terhubung dengan ruas tol Jakarta-Cikampek, jalan tol Jagorawi, jalan tol BSD, jalan tol Jakarta-Tanggerang, jalan Tol Prof. DR. Ir. Soedijatmo (Bandara) dan jalan tol Akses Tanjung.

"Para pemudik akan menggunakan jalur tol ini dari berbagai wilayah. Untuk kami juga merasa wajib mempersiapkan antisipasi dan kesiagaan dalam menyambut arus mudik lebaran 2018 ini," tuturnya kepada wartawan di Kantor PT JLJ di Plaza Tol Jatiasih, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (5/6/2018).

Ia menjelaskan, kesiapan dilakukan seperti memastikan kesiapan petugas, kendaraan patroli, serta pihak kepolisian yang akan mengatur lalu lintas jika nanti terjadi kepadatan, terlebih di saat menuju area koneksi dengan ruas tol Jakarta-Cikampek.

Kesiapan dilakukan seperti memastikan kesiapan petugas, kendaraan patroli, serta pihak kepolisian yang akan mengatur lalu lintas jika nanti terjadi kepadatan, terlebih di saat menuju area koneksi dengan ruas tol Jakarta-Cikampek.
Kesiapan dilakukan seperti memastikan kesiapan petugas, kendaraan patroli, serta pihak kepolisian yang akan mengatur lalu lintas jika nanti terjadi kepadatan, terlebih di saat menuju area koneksi dengan ruas tol Jakarta-Cikampek. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

"Kami siapkan tim khusus terdiri dari unsur pemeliharaan PT Jasa Marga, Humas Jasa Marga, Dirlantas Polda Metro, Dirlantas Polda Jawa Barat, Dinas Perhubungan Pemda yang bakal bertugas mengantisipasi penumpukan kendaraan pada area rawan kemacetan, terutama di area yang terkoneksi dengan ruas Tol Jakarta-Cikampek seperti di Simpang Susun Cikunir," katanya.

Lanjut Ricky, kedua ialah memberikan pelayanan infomasi di akses masuk jalan tol seperti di gerbang tol yang berisikan informasi situasi kepadatan jalan tol sehingga pengguna jalan tol dapat mengambil rute lain.

Kemudian ketiga cepat tanggap terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga dapat segera dilakukan penyelamatan korban dan evakuasi kendaraan secara singkat guna mempercepat pemulihan kelancaran lalu lintas.

"Mereka yang akan mulai bertugas pada H-10 arus mudik sampai dengan H+10 arus balik," katanya.

Menurut Ricky, PT JLJ juga sudah menyediakan beberapa orang untuk memberikan layanan informasi pada akses masuk gerbang tol. Pengguna jalan akan dialihkan ke rute lain disaat rute utama mengalami penumpukan.

"Lalu ada juga tim yang wajib bergerak cepat pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas sehingga dapat dilakukan evakuasi dan penyelamatan secara singkat agar segera dipulihkan kembali," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help