PPDB 2018, Banyak Orangtua Siswa Tidak Lengkapi Data Kependudukan

Dalam PPBD tahun ajaran 2018, kendala terbanyak yang dialami para orangtua calon peserta didik baru berada pada kelengkapan data kependudukan.

PPDB 2018, Banyak Orangtua Siswa Tidak Lengkapi Data Kependudukan
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau posko PPDB di SMK Negeri 1 Jakarta, Senin (28/5/2018). 

TIDAK hanya belum memahami sistem online dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tahun ajaran 2018, kendala terbanyak yang dialami para orangtua calon peserta didik baru diungkapkan Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto berada pada kelengkapan data kependudukan.

Data tersebut antara lain Kartu Keluarga, Akte Kelahiran atau tanda lahir dari kelurahan bagi calon peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD), sertifikat imunisasi, Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik orangtua dan surat domisili.

Persyaratan tersebut katanya wajib diserahkan oleh calon peserta didik baru, baik lewat Jalur Domisili Dalam DKI Jakarta, Jalur Domisili Luar DKI Jakarta ataupun Jalur Umum.

"PPDB sampai dengan tanggal 9 Juni 2018 ini masih dibuka pra pendaftaran bagi calon peserta didik baru lulusan luar DKI Jakarta, semuanya berjalan lancar, hanya persyaratan administrasi yang sebelumnya terkendala seperti Kartu Imunisasi sudah diluruskan, soal akte kelahiran juga sudah dipermudah. Saat ini seluruh nilai siswa akan diinput dalam database Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk masuk ke tahapan berikutnya," jelasnya dihubungi pada Selasa (5/6/2018).

Lebih lanjut diungkapkannya, kendala diperkirakannya bakal ditemui oleh calon peserta didik baru tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebab, seluruh calon peserta didik yang telah berusia dewasa harus memiliki KTP.

"Kalau yang belum 17 tahun cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK). Lewat sosialisasi, ketidaklengkapan data kependudukan bisa diselesaikan. Informasi bisa lihat di PPDB online atau bisa langsung ke posko PPDB di SMK 1 Jakarta Pusat," ungkapnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help