Komaruddin Hidayat: Kalau Sistem Khilafah Dilaksanakan, NKRI Bubar

Menurutnya, persoalan khilafah bukan hanya semata persoalan keagamaan, tetapi menyangkut ekstensi dari bangsa.

Komaruddin Hidayat: Kalau Sistem Khilafah Dilaksanakan, NKRI Bubar
Tribunnews.com
Komaruddin Hidayat 

GURU Besar UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Komaruddin Hidayat‎, merasa khawatir dengan penceramah agama yang pro terhadap sistem khilafah untuk diterapkan di Indonesia.

Kekhawatiran tersebut disampaikan Komaruddin yang datang ke Istana bertemu Presiden Joko Widodo, bersama 42 praktisi bidang sosial, budaya, agama, dan akademisi, untuk berdiskusi tentang pembangunan sosial budaya serta persoalan intoleransi.

"‎Kita juga peduli terhadap ceramah keagamaan yang masuk pada berbagai tempat di BUMN maupun di masjid-masjid ya, itu ironis. Itu masjid BUMN tapi penceramahnya pro khilafah, ini perlu penjelasan pada masyarakat, bahwa kalau sistem khilafah itu dilaksanakan maka NKRI bubar," tutur Komaruddin, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Baca: Anies Baswedan Ingatkan Orangtua Simpan Dokumentasi Anak dengan Baik, Termasuk Sertifikat Imunisasi

Menurutnya, persoalan khilafah bukan hanya semata persoalan keagamaan, tetapi menyangkut ekstensi dari bangsa, karena sistem tersebut ditolak banyak negara, termasuk Timur Tengah.

"Kalau khilafah mengambil pemerintahan, maka itu akan banyak pihak yang keberatan, bukan hanya militer, polisi, tapi juga masyarakat umat beragama, karena ikut andil memperjuangkan republik, masa diambil," paparnya. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help