Home »

News

» Jakarta

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI: Jakarta Punya Lampu LED Terbesar di Dunia

Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta memperkenalkan lampu dengan smart system yang sudah diterapkan di Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI: Jakarta Punya Lampu LED Terbesar di Dunia
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Yuli Hartono memperlihatkan cara kerja lampu LED smart system dari ruang kontrol, Senin (4/6/2018). 

DINAS Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta memperkenalkan lampu dengan smart system yang sudah diterapkan di Jakarta.

Kepala Bidang Dinas PE DKI Syamsul Bahri mengatakan, teknologi lampu LED ini merupakan terbesar di dunia yang tidak dimiliki negara lain.

"Inilah lampu LED terbesar di dunia. DKI itu memiliki lampu LED terbesar di dunia. Tidak ada satu negara pun yang memiliki lampu LED plus smart systemnya," ujar Syamsul Bahri di Kantor Dinas PE, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (4/6/2018).

Baca: Video Syur Mirip Anggota DPR Beredar Viral, Bambang Soesatyo: Saya Berharap Hanya Mirip-mirip Saja

Syamsul menjelaskan, salah satu alasan pihaknya menggunakan lampu dengan smart system, adalah untuk mempermudah pengawasan lampu di Jakarta.

"Bisa dibayangkan bagaimana kita harus bisa merespons dengan cepat kalau kita melakukan pengelolaan masih manual. Kita harus mensurvei, kita harus menunggu laporan warga dan sebagainya," tuturnya.

Alasan selanjutnya adalah untuk mengurangi penggunaan listrik, sehingga menghemat biaya listrik untuk lampu penerangan jalan umum (PJU).

Baca: Pemprov DKI Raih Opini WTP dari BPK, Anies Baswedan: Berkah Ramadan

"Kita berharap dengan melakukan penggantian LED dengan smart system itu, akan menurunkan pembayaran rekening minimal secara teoritis antara 40-50 persen," ujar Syamsul.

"Sekarang ternyata terbukti. Tahun 2015 kita sekitar Rp 56 milliar. Tahun 2017 sekarang kita hanya Rp 25 milliar. Jadi kita sudah melakukan tapping sekitar Rp 25 milliar sebulan atau Rp 300 milliar per tahun," sambungnya.

Syamsul menambahkan, penggantian lampu LED dengan smart system sudah dilakukan oleh Dinas PE DKI sejak 2016 lalu, dan bertahap hingga 2018 ini.

Baca: Pemprov Raih WTP, Ketua DPRD DKI: Terima Kasih Jokowi, Ahok, dan Djarot

"Tahun 2016 DPE sudah melakukan penggantian lampu PJU smart system itu sebanyak 89.417. Itu kita melakukan penggantian di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan sebagian Jakarta Utara," beber Syamsul.

"Lalu masuk ke 2017 kita melakukan penggantian sekitar 93 ribu yang akan diperuntukkan Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Lalu di 2018 ini kita akan melakukan penggantian sekitar 57 ribu," jelasnya. (*)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help