Dituntut 6 Tahun Penjara, Tio Pakusadewo Diduga JPU sebagai Pengedar

Hukuman yang diterima Tio itu atas kesalahannya yang diduga melakukan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu yang menjeratnya akhir tahun 2017.

Dituntut 6 Tahun Penjara, Tio Pakusadewo Diduga JPU sebagai Pengedar
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Tio Pakusadewo (54) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Serin (4/6/2018). 

WARTA KOTA, CILANDAK---Aktor gaek Tio Pakusadewo (54) dituntut jaksa penuntut umum (JPU) dengan hukuman enam tahun kurungan penjara dan denda Rp 800 juta.

Tuntutan hukuman pidana yang diterima Tio itu dibacakan JPU dalam sidang yang beragendakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018).

Hukuman yang diterima Tio itu atas kesalahannya yang diduga melakukan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu yang menjeratnya akhir tahun 2017.

Baca: Terbukti Bersalah, Tio Pakusadewo Dituntut 6 Tahun Penjara

Tio dijerat Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang Undang Narkotika. Jaksa menyatakan bahwa tuntutan tersebut dengan mempertimbangkan dua hal.

Pertama adalah yang memberatkan, Tio tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba.

Sementara yang meringankan adalah Tio tidak pernah dihukum pidana dan mengakui perbuatannya.

Baca: Tio Pakusadewo Senang DitemanI Anak-Anaknya di Persidangan

Atas hukuman tersebut, Hakim Ketua, Asiadi Sembiring, menanyakan kepada Tio apakah terdakwa memahami atas tuntutan yang sudah dibacakan oleh JPU.

Kuasa hukum Tio, Aris Marasabesy, mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan pihak JPU yang menjerat Tio menggunakan pasal Tio dijerat Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang Undang Narkotika.

"Pada dasarnya kami sudah mendengar tuntutan dari JPU. Sebenernya kami menyesal karena JPU tidak melihat fakta persidangan," kata Aris Marasabesy usai persidangan.

"Mereka berasumsi pasal 112. Sebenarnya pasal 112 itu untuk peredaran gelap. Orang pemakai penikmat sabu enggak mungkin enggak menyimpan, menyimpannya itu untuk dipakai, bukan untuk diperjualbelikan atau diedarkan," katanya.

Baca: Sidang Ditunda Lagi, Tio Pakusadewo : Kecewa Sama Saja Kalah

Halaman
12
Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved