Asyiknya Membuat Batik Betawi di Festival Palbatu

Acara itu menjadi bagian dari Festival Betawi Palbatu yang digelar di Jalan Palbatu Raya, Kelurahan Menteng Dalam,

Asyiknya Membuat Batik Betawi di Festival Palbatu
Warta Kota
Batik Betawi 

Puluhan orang khusuk menggoreskan warna pada pola-pola di atas selembar kain. Dengan sebuah canting, pola-pola itu perlahan membentuk gambar-gambar indah. Tapi tangan tetap harus jeli dan pikiran fokus, jangan sampai warna yang digoreskan meluber dan merusak pola yang adam

Perlombaan membatik itu diikuti sekitar 20 orang. Acara itu menjadi bagian dari Festival Betawi Palbatu yang digelar di Jalan Palbatu Raya, Kelurahan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (5/6) siang.

Laviva menjadi salah satu peserta termuda. Usianya 19 tahun dan sedang menempuh studi jurusan Ekonomi Islam di Perbanas. Matanya fokus pada lembaran kain. Tanggannya jeli memainkan canting.

"Yang paling susah ya mencanting ini," sahut Viva menjawab pertanyaan Warta Kota.

Gadis cantik ini mengaku sejak beberapa tahun lalu mulai menyukai kegiatan membatik. Berawal dari adanya pelatihan membatik di lingkungan tempat tinggalnya, ia jadi ketagihan.

"Apalagi aku suka menggambar. Sekaligus ini melestarikan budaya Indonesia," ucapnya. Sesudah itu ia melanjutkan menorehkan warna-warna cerah pada gambar ondhel-ondhel di atas kain.

Lurah Menteng Dalam, Rachmat Mulyadi menjelaskan, Festival Batik Palbatu dimaksudkan untuk melestarikan batik betawi khas Palbatu yang mulai dikenal sejak 2011 lalu.

"Melestarikan budaya betawi terutama soal batik. Menjdikan batik sebagai identitas bangsa"Sekaligus jadi ajang promosi bagi perajin batik di Palbatu," katanya.

Mulyadi menambahkan, sedikitnya ada 11 perajin batik Palbatu yang terlibat dalam acara itu. Selain diisi dengan bazar dan lomba membatik, tersaji pula hiburan musik betawi di panggung utama.

"Paling penting di sini adalah adanya edukasi soal batik betawi. Kita lihat antusiasme peserta batik cukup tinggi, termasuk para kaum muda. Ini tentu hal yang membanggakan," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved