Tempat Sampah Jerman yang Dicap Berharga Mahal karena Belinya Ribuan Tempat Sampah

Besarnya nilai pembelian tempat sampah karena pemesanan dalam jumlah besar, yakni sebanyak 2.640 buah.

Tempat Sampah Jerman yang Dicap Berharga Mahal karena Belinya Ribuan Tempat Sampah
Warta Kota/Dwi Rizki
Garbage Bin 660 liter produksi Weber, produsen peralatan kebersihan asal Jerman. Tempat sampah tersebut menghebohkan jagat maya karena nilai pengadaannya mencapai miliaran rupiah. 

HEBOH soal tempat sampah bernilai miliaran rupiah yang viral di media sosial, sejak beberapa waktu lalu dibenarkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji.

Dirinya menyebut, besarnya nilai pembelian tempat sampah karena pemesanan dalam jumlah besar, yakni sebanyak 2.640 buah.

Akhir-akhir ini, netizen yang diduga dari kubu kalah Pilkada DKI Jakarta mencoba mengungkit APBD DKI Jakarta.

Sebelumnya, mereka membongkar kasus pohon imitasi, yang ternyata diadakan ketika masih dipimpin Ahok dan Djarot.

Namun, lanjutnya, apabila dihitung secara satuan, tempat sampah merek Weber itu seharga USD 253,62 atau setara Rp 3.550.680 apabila kurs rupiah terhadap dollar Amerika senilai Rp 14.000 per USD.

Sedangkan, ongkos kirim yang disebut netizen sangat mahal, yakni sebesar USD 5.581 atau setara Rp 78.134.000 katanya sangat wajar sebab tempat sampah diimpor langsung dari Jerman.

"Murah apalagi kapasitasnya 600 liter, kalau ongkos kirim Rp 79 juta untuk biaya bongkar dari kontainer untuk masuk ke Dinas Lingkungan Hidup pake forklift pake kuli dan lain-lain," ungkapnya dihubungi pada Senin (4/6/2018).

Lebih lanjut diungkapkannya, pengadaan tempat sampah katanya sesuai dengan analisis kebutuhan barang pada tahun anggaran 2018 yang dipesan lewat sistem e-purchasing melalui e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Sehingga menurutnya pengadaan barang tidak menyalahi aturan.

"Lokal nggak ada yang jual, apalagi harganya memang lebih murah dibandingin toko online. Apalagi ini barang Jerman yang terbukti kualitasnya, jadi wajar kalau dibilang mahal, karena dikali banyak," katanya.

Garbage Bin 660 liter produksi Weber, produsen peralatan kebersihan asal Jerman. Tempat sampah tersebut menghebohkan jagat maya karena nilai pengadaannya mencapai miliaran rupiah.
Garbage Bin 660 liter produksi Weber, produsen peralatan kebersihan asal Jerman. Tempat sampah tersebut menghebohkan jagat maya karena nilai pengadaannya mencapai miliaran rupiah. (Warta Kota/Dwi Rizki)
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved