Riko Simanjuntak Merasa Butuh Waktu untuk Adaptasi di Timnas Indonesia U-23

Riko tidak bermain penuh dalam dua laga tersebut. Pada pertandingan pertama, ia melakoni debutnya bersama timnas U-23 pada menit ke-80.

Riko Simanjuntak Merasa Butuh Waktu untuk Adaptasi di Timnas Indonesia U-23
Riko Simanjuntak. (Foto: Media Persija) 

PENGGAWA Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mendapatkan pengalaman berharga setelah diturunkan dalam dua laga uji coba melawan timnas Thailand U-23, 31 Mei dan 3 Juni 2018.

Seperti diketahui, Riko memang baru dipanggil pelatih timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas, pada periode ini. 

Riko tidak bermain penuh dalam dua laga tersebut. Pada pertandingan pertama, ia melakoni debutnya bersama timnas U-23 pada menit ke-80.

Sementara dalam laga kedua dirinya menjadi starter namun ditarik keluar pada menit ke-81.

Pemain yang biasa beroperasi di sisi sayap itu pun mengakui masih membutuhkan waktu lagi untuk beradaptasi dengan skuat Garuda Muda.

"Pertama saya ucapkan terima kasih buat coach (pelatih timnas Indonesia U-23 Luis Milla Aspas), saya dikasih kesempatan main 80 menit. Itu pengalaman yang sangat luar biasa untuk saya. Saya baru bergabung di timnas selama dua hari. Dan saya juga tidak banyak waktu bersama rekan-rekan," kata Riko dikutip dari Goal Indonesia.

Baca: Gary Cahill Jawab Kesiapannya di Piala Dunia 2018 Melalui Laga Uji Coba

"Yang penting buat saya harus cepat beradaptasi saja. Karena di lapangan yang saya kerjakan adalah sesuai dengan strategi pelatih. Karena apa yang diterapkan pelatih di latihan, itu yang saya terapkan di lapangan dan itu adalah hal yang penting buat saya," jelasnya.

"Saya juga tidak mungkin cepat adaptasi karena waktu saya cuma ada dua hari. Waktu yang dua hari itu yang saya maksimalkan sesuai strategi dari pelatih," tambah eks pemain Semen Padang itu.

Terkait penampilan timnas U-23, meski gagal menang dalam dua laga melawan Thailand, Riko menyebut timnya mengalami peningkatan.

Seperti diketahui, pada laga pertama Indonesia takluk dengan skor 2-1, dan pada laga kedua bermain imbang tanpa gol. Ia pun berharap timnya bisa memetik pelajaran dari laga uji coba ini.

"Saya apresiasi buat teman-teman bisa menjalankan strategi yang diberikan pelatih, itu luar biasa karena kami di lapangan sangat kerja keras," ujarnya.

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved