Ramadan 2018

Lebaran 2018, Dede Bisa Mendapatkan Keuntungan Hingga Rp 1 Juta Per Hari Jelang Hari Raya Idul Fitri

Keuntungan jasa penukaran uang oleh penyedia jasa perorangan swasta bukan bank di Kabupaten Bekasi mencapai Rp 700.000 hingga Rp 1 juta per hari.

Lebaran 2018, Dede Bisa Mendapatkan Keuntungan Hingga Rp 1 Juta Per Hari Jelang Hari Raya Idul Fitri
WARTA KOTA/HAMDI PUTRA
Ilustrasi warga dan pelaku jasa tukar uang. 

WARTA KOTA, BEKASI---Keuntungan jasa penukaran uang oleh penyedia jasa perorangan swasta bukan bank di Kabupaten Bekasi mencapai Rp 700.000 hingga Rp 1 juta per hari meski Lebaran masih belasan hari ke depan.

"Alhamdulillah, ini berkah menuju Lebaran. Keuntungan bersih saya dalam sehari bisa sampai Rp 700.000," kata Dede, penyedia jasa penukaran uang di Cikarang, Kabupaten Bekasi, seperti dilansir Antaranews.com, Senin (4/6/2018).

Baca: Bisa Tukar Uang Receh Buat Lebaran di Jakarta Fair Kemayoran

Dede mengatakan, ia menjual uang baru pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000 seharga Rp 110.000 dalam setiap transaksi penukaran senilai Rp 100.000 dan kelipatannya.

"Pecahan uang baru itu saya dapatkan dari saudara saya yang kebetulan bekerja di salah satu bank swasta," katanya.

Dede mengatakan, keuntungan dari jasa penukaran uang yang dilakoninya akan semakin berlipat jika ada pesanan dari perusahaan yang sengaja memesan kepada dirinya.

Baca: Warga Antre Tukar Uang Kertas Baru di Monas Sejak Pukul 05.00

"Seperti tahun lalu ada perusahaan yang menghubungi saya minta tukar uang, jumlah permintaan tukarnya semakin banyak jika ada pesanan khusus perusahaan," katanya.

Jasa penukaran uang perorangan ini menjadi pemandangan umum jelang Lebaran, uang hasil penukaran tersebut biasanya digunakan masyarakat untuk memberi tunjangan hari raya (THR) kepada sanak famili atau keluarga dekat yang telah menjadi tradisi turun temurun di Indonesia.

Meski belum mendekati hari raya Lebaran namun sejumlah titik keramaian di Kabupaten Bekasi mulai dipenuhi para penyedia jasa penukaran uang yang diminati warga jelang lebaran.

Salah seorang penyedia jasa serupa lainnya, Sepri mengatakan, ia berinisiatif membuka layanan jasa tersebut lebih awal agar dapat meraup keuntungan sebanyak mungkin.

Baca: Inilah Penyebab Bisnis Tukar Uang Receh Menurun

"Saat ini saja bisa sampai Rp 1 juta keuntungan bersih saya," katanya.

Penyedia jasa penukaran uang di Jalan Urip Sumoharjo Cikarang itu mengaku kenaikan keuntungan dari jasa itu biasanya terjadi menjelang hari raya Lebaran.

"Biasanya lebaran kurang seminggu sampai tiga hari penukaran uang melonjak. Dalam satu hari bisa mencapai 100 sampai 200 orang yang menukarkan uangnya," katanya.

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help