Dinas Pendidikan Layani Calon Siswa yang Berasal dari Luar Jakarta

Yang dipertimbangkan itu adalah yang pejabat negara yang mereka karena ditugaskan oleh negara dipindah tugas.

Dinas Pendidikan Layani Calon Siswa yang Berasal dari Luar Jakarta
Warta Kota/Yosia Margaretta
Ilustrasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau posko PPDB di SMK Negeri 1 Jakarta, Senin (28/5/2018). 

KALANGAN Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memberikan kesempatan bagi para calon siswa SMP dan SMA yang akan mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) namun berasal dari luar Jakarta.

Salah satunya yang diberikan kesempatan adalah pejabat negara yang ditugaskan untuk menjalankan tugas di Jakarta.

"Yang dipertimbangkan itu adalah yang pejabat negara yang mereka karena ditugaskan oleh negara pindah, yang seperti itu dipertimbangkan. Kalau memang bagi pejabat negara, artinya pegawai negri yang memang ditugaskan oleh negara itu kan bukan kemauan mereka," ujar Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Bowo Irianto, Senin (4/6/2018).

Bowo menjelaskan bahwa nantinya calon siswa yang ingin mendaftar tersebut dapat mendatangi posko PPDB yang terletak di SMK 1 Jakarta.

"Ketika mereka pindah tugas itu, yang penting nanti mereka akan coba dibantu dilayani di posko PPDB dengan menunjukkan surat keputusan penempatan tugasnya yang baru," tutur Bowo.

Selanjutnya Bowo mengatakan bahwa sama seperti yang lainnya, calon siswa tersebut hanya dapat memilih sekolah sesuai dengan domisilinya saat itu.

"Yang kedua yang bersangkutan akan berdomisili dimana. Karena berdomisili di Jakarta dimananya ini akan berpengaruh terhadap nanti pendaftaran zona lokal atau jalur umum," tuturnya.

Nantinya calon siswa yang berasal dari luar Jakarta tersebut tetap harus mengikuti prosedur pada umumnya seperti melakukan pra pendaftaran di sekolah yang dituju.

"Karena DKI Jakarta kan tidak memiliki data base data yang diluar DKI Jakarta. Semuanya harus diinput di sistem. Ketika dipanggil, di sistem nilainya kan belum ada," ujarnya.

Bowo pun menambahkan meskipun diberikan bantuan untuk mendaftar sekolah di Jakarta, calon siswa tersebut tidak serta merta diterima melainkan tetap mengikuti proses yang ada.

"Terus tidak serta merta diterima. Tetap harus berkompetisi dengan nilai. Jadi tetap harus dengan nilai, fair," jelasnya.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved