Belum Nyetel di Timnas U-23, Ini Penjelasan Riko Simanjuntak

Dia bersama Beto Goncalves menjadi pemain yang baru masuk Timnas asuhan Luis Milla.

Belum Nyetel di Timnas U-23, Ini Penjelasan Riko Simanjuntak
persija
Winger Persija, Riko Simanjuntak saat menjalani debutnya bersama Timnas U-23 saat menghadapi Thailand, Kamis (31/5/2018) di Stadion PTIK, Jakarta. 

WINGER Persija Riko Simanjuntak menjadi salah satu pemain debutan di Timnas U-23 saat melawan Thailand dua kali di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (31/5/2018), dan Minggu (3/6/2018) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Dia bersama Beto Goncalves menjadi pemain yang baru masuk Timnas asuhan Luis Milla, di antara 24 pemain lainnya yang sudah menjadi langganan.

Namun, meskipun bermain baik, Riko belum mampu berbuat banyak untuk memberi kemenangan bagi skuat Garuda Muda di dua pertandingan melawan Thailand.

Baca: Fadli Zon Nilai Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme Masa Kini Lebih Dahsyat Ketimbang Zaman Orde Baru

Di pertandingan perdana, Riko baru masuk lapangan di menit ke-83 menggantikan Osvaldo Haay. Sedangkan di laga kedua eks pemain Semen Padang itu bermain sejak menit awal dan digantikan pada menit ke-80.

Atas kesempatan yang diberikan Luis Milla ini, Riko pun berterima kasih dan bersyukur. Meski belum bisa menang, menurutnya Timnas Garuda Muda mempunyai progress yang baik.

"Terima kasih kepada Coach (Milla) atas kesempatannya. Meski belum menang tapi di lapangan ada progress ya, kemarin kalah sekarang imbang. Semoga ke depannya jadi pembelajaran buat kita," tutur Riko sesuai laga, Minggu (3/6/2018) malam.

Baca: Sebelum Beraksi, Penyerang Mapolsek Maro Sebo Ingin Jadi Imam Saat Salat di Masjid

Walaupun pemain bertubuh mungil ini kerap kali memberi tusukan dari sisi kiri dan kanan lapangan, aksinya tidak selepas saat bermain bersama klubnya, Persija Jakarta.

Di Piala Presiden 2018 contohnya, Riko membantu Macan Kemayoran meraih gelar juara dengan mencatatkan empat dari 10 gol Persija lewat kreasi pemain berdarah batak ini.

Namun ada satu perbedaan yang diungkapkan Riko terkait kenapa dirinya belum "menyetel" di Timnas Indonesia, tidak seperti di Persija.

Baca: Polisi Periksa Kejiwaan Penyerang Mapolsek Maro Sebo Jambi

"Perbedaannya masalah adaptasi ya. Saya sudah lebih lama bersama Persija, kalau di Timnas saya baru dua hari. Perlu adaptasi," papar Riko saat ditemui Warta Kota di Stadion Pakansari, Bogor.

Memang perlu diingat, Riko merupakan pemain debutan yang baru pertama kali dipanggil Timnas, terlebih para pemain yang ada di Timnas U-23 saat ini sudah bermain lama dan memiliki kedekatan lebih.

Untuk pemantapan Timnas U-23 jelang Asian Games, Agustus nanti Luis Milla akan tetap menyertakan tiga pemain senior untuk memperkuat tim.

Nama-nama beken pemain senior yang sudah dipanggil adalah Ilija Spasojevic, Lerby Eliandry, Beto Goncalves, Victor Igbonefo, M Ridho, Teja Paku Alam, dan Riko. (*)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved