Bank Indonesia Melonggarkan Aturan Loan to Value dan KPR Inden, Bisnis Properti Bisa Melejit

Relaksasi kedua beleid tersebut diharapkan bisa semakin mendorong penjualan properti ke depan.

Bank Indonesia Melonggarkan Aturan Loan to Value dan KPR Inden, Bisnis Properti Bisa Melejit
Warta Kota/Henry Lopulalan
Pengembang menyambut baik rencana Bank Indonesia (BI) melonggarkan kebijakan aturan loan to value (LTV) dan aturan mengenai kredit kepemilikan rumah (KPR) inden. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Sejumlah pengembang menyambut baik rencana Bank Indonesia (BI) melonggarkan kebijakan aturan loan to value (LTV) dan aturan mengenai kredit kepemilikan rumah (KPR) inden.

Relaksasi kedua beleid tersebut diharapkan bisa semakin mendorong penjualan properti ke depan.

Baca: KPR untuk Pekerja Non-Formal

Tulus Santoso, Direktur PT Ciputra Development Tbk., mengatakan, minat pembelian dengan skema KPR produk-produk Ciputra Group terus meningkat selama dua tahun terakhir, seiring relaksasi aturan yang telah diterapkan oleh BI.

"Dari data marketing sales kami pada kuartal I-2018 mengalami pertumbuhan 33 persen menjadi Rp 1,6 triliun dan sekitar 53 persen merupakan pembelian dari KPR. Ini relatif sama dengan tahun 2017," kata Tulus baru-baru ini.

Adapun properti Ciputra yang banyak dibeli dengan skema KPR adalah proyek di Maja dan Surabaya. Proyek ini membidik segmen menengah dengan harga dibawah Rp 1 miliar.

Menurut Tulus, segmen menengah yang biasanya lebih bankable, karena pembelinya kebanyakan pembeli rumah pertama dan memiliki pendapatan tetap.

Tulus menilai relaksasi aturan BI akan berdampak positif terhadap penjualan properti.

Baca: Berikut Pertimbangan Sebelum Mengajukan KPR

Masih ada aturan yang diketatkan pada tahun 2013 dan belum dilonggarkan hingga saat ini.

"Saat ini penjualan masih turun 30 persen dibandingkan sebelum pengetatan kebijakan dulu. Adanya relaksasi ini akan membuka peluang recovery dan penjualan properti bisa kembali seperti tahun 2013," katanya.

Senada, Theresia Rustandi, Sekretaris Perusahaan PT Intiland Development Tbk., menyambut baik rencana relaksasi LTV tersebut.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved