Fesyen

Pertama Kali, Vogue Arabia Tampilkan Foto Wanita Mengemudi

“Bagi banyak orang, itulah yang mereka ketahui. Secara pribadi, saya mendukung perubahan ini dengan sangat antusias,"

Pertama Kali, Vogue Arabia Tampilkan Foto Wanita Mengemudi
Majalah Vogue Arabia
Sampul majalah Vogue Arabia Edisi Juni menampilkan Princess Haifa bint Abdullah al Saud duduk di belakang setir mobil. 

Vogue Arabia ikut merayakan lahirnya undang-undang yang mengizinkan wanita untuk mengemudi di Arab Saudi mulai 24 Juni 2018.

Wujud perayaan tersebut dihadirkan lewat sebuah sampul yag menampilkan HRH Princess Hayfa bint Abdullah Al Saudi yang berpose di kursi pengemudi.

Majalah edisi Juni itu didedikasikan untuk perubahan monumental kerajaan. Edisi ini juga menampilkan sejumlah wawancara dengan para wanita pendobrak sejarah di Arab Saudi, mulai dari model, desainer, hingga aktris dan aktivis.

Foto sampul ikonik ini diambil di gurun Jeddah oleh fotografer mode Irlandia, Boo George, yang baru-baru ini memotret Kim Kardashian untuk majalah Elle AS.

Pemotretan tersebut adalah yang pertama kali bagi Sang Putri. Sebelumnya, ia tak pernah muncul di sampul majalah mana pun.

Dia juga tampil cantik dengan mengenakan busana putih yang dipadukan dengan jilbab warna senada ketika pemotretan.

Baca: Setelah Boleh Jadi Sopir Taksi, Perempuan Arab Saudi Kini Bisa Jadi Pemandu Wisata

"Di negara kami, ada beberapa konservatif yang takut perubahan," komentarnya saat di wawancara.

“Bagi banyak orang, itulah yang mereka ketahui. Secara pribadi, saya mendukung perubahan ini dengan sangat antusias," ucapnya lagi.

Dia juga berpendapat bahwa sangat mudah untuk mengomentari masyarakat negara lain dan berpikir bahwa negaranya sendiri lebih unggul.

"Tapi, dunia Barat harus ingat bahwa setiap negara itu spesifik dan unik. Kami memiliki kekuatan dan kelemahan tetapi, selalu, itu adalah budaya kami, dan lebih baik mencoba memahaminya daripada menilainya," katanya.

Masyarakat di kerajaan bersukacita ketika Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengumumkan pada bulan September 2017 bahwa larangan mengemudi perempuan akhirnya akan dicabut dan segera direalisasikan.

Baca: Raja Salman Keluarkan Dekrit, Izinkan Perempuan Arab Saudi Peroleh SIM

Saat ini bahkan tersedia aplikasi taksi dengan 1.000 pengemudi perempuan yang langsung mendaftar.

 Konsep sampul majalah ini digagas oleh redaktur pelaksana Vogue, Manuel Arnaut, yang percaya Arab Saudi sedang berada di tengah-tengah perubahan bersejarah.

"Mengetahui wanita luar biasa seperti itu mengambil bagian dalam menyusun masa depan dunia Arab membuat saya menantikan saat-saat yang menyenangkan ke depan,” katanya.

Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved