Lebaran 2018

Jalur Kalimalang Fokus Utama Lintasan Mudik Lebaran Lintas Bekasi

Dinas Perhubungan Kota Bekasi akan memfokuskan penanganan arus lalu lintas mudik Lebaran 2018 di Jalan KH Noer Alie Kalimalang.

Jalur Kalimalang Fokus Utama Lintasan Mudik Lebaran Lintas Bekasi
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Arus lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang, Pondok Bambu, Duren Sawit Jakarta Timur, terpantau ramai lancar pada Sabtu (16/12/2017) pukul 09.40 WIB. 

DINAS Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memfokuskan penanganan arus lalu lintas mudik Lebaran 2018 di Jalan KH Noer Alie Kalimalang menyusul adanya sejumlah potensi kemacetan.

"Dari empat koridor mudik di Kota Bekasi, jalur Kalimalang memang menjadi fokus perhatian utama petugas di lapangan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi, Yayan Yuliana, di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, selain dikarenakan adanya aktivitas pembangunan infrastruktur lanjutan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), koridor ini juga merupakan favorit pemudik bersepeda motor yang melintas dari Jakarta menuju Pantura.

Berdasarkan pemetaan awal, kata dia, ada tiga titik yang dikhawatirkan akan menjadi pusat kepadatan kendaraan di koridor Kalimalang, yakni simpang Sumber Arta yang merupakan perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta Timur serta simpang Caman juga Galaxy yang masih ada pekerjaan tiang tol Becakayu.

Baca: Menteri Perhubungan Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

"Selepas ruas Kamala Lagoon, baru lepas hambatan dan tidak ada kendala hingga ke perbatasan dengan Kabupaten Bekasi melalui Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar," katanya.

Dalam situasi arus mudik yang dikategorikan normal, kata Yayan, pergerakan kendaraan berlangsung sama seperti hari-hari biasa, yakni pada beberapa ruas bisa dilintasi dua jalur dan sebagian ruas memanfaatkan jalur sisi Kalimalang.

Akan tetapi dalam kondisi kepadatan kendaraan tinggi, Dishub Kota Bekasi tidak menutup kemungkinan diberlakukannya kebijakan lawan arus atau buka tutup.

"Yang pasti, fokus utama kami memastikan arus mudik bisa lancar. Kekuatan personel akan difokuskan di koridor Kalimalang karena butuh pengamanan ekstra," katanya menambahkan.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved