Home »

News

» Jakarta

Terlilit Utang, Julius Nekat Curi Uang Kotak Amal

Selain kotak amal dan uang senilai Rp 728 ribu, barang bukti yang diamankan yakni satu buah obeng, satu buah tas dan satu buah tang.

Terlilit Utang, Julius Nekat Curi Uang Kotak Amal
Warta Kota
Ilustrasi 

SEORANG pria bernama Julius (19) terpaksa berurusan dengan petugas Polsek Tambora setelah aksinya mencuri kotak amal di Musala Al Munir, Angke, Tambora Jakarta Barat ketahuan. Pelaku nekat mencuri uang karena terlilit utang yang tidak mampu dibayar.

Aksi pencurian Julius bermula saat tersangka pulang dari tempatnya bekerja di Krendang Tengah, Tambora menuju tempat tinggalnya di Jembatan II, Penjaringan dengan berjalan kaki pada Jumat (1/6) sekira pukul 05.00 WIB.

“Setibanya di samping Rel Angke, tiba-tiba tersangka terpikir akan hutangnya yang sudah ditagih oleh orang,” ucap Kapolsek Tambora Kompol Iver Son Manossoh, Sabtu (2/6).

Julius pun masuk ke dalam Musala Al Munir dengan niat untuk salat dan menenangkan pikiran. Pelaku kemudian masuk melalui pintu samping dan mengambil air wudhu untuk menjalankan ibadah salat.

“Namun setelah melihat kotak amal yang berisikan uang, timbul niat tersangka untuk mengambil uang yang berada di dalam kotak amal tersebut,” kata Iver.

Julius lalu memulai aksinya setelah memastikan situasi aman dan sepi. Ia kemudian mengeluarkan obeng yang ada di dalam tas dan merusak engsel gembok dengan cara mencongkel hingga kotak amalnya bisa terbuka.

Setelah berhasil dibuka, pelaku langsung mengambil uang dari dalam kotak amal senilai Rp 728 ribu dan memasukannya ke dalam tas. Sial bagi Julius, aksinya itu dipergoki warga dan berhasil mengamankan tersangka berikut barang bukti.

“Jadi tersangka tidak mengetahui kalau aksinya itu diketahui oleh warga. Sehingga pada saat akan kabur, tersangka dan barang bukti langsung diamankan,” katanya.

Selain kotak amal dan uang senilai Rp 728 ribu, barang bukti yang diamankan yakni satu buah obeng, satu buah tas dan satu buah tang. Pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (jhs)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help