Meski Sudah Diimbau, Pemudik Motor Diperkirakan Masih Banyak, Segini Jumlahnya

"Kalau dari sisi (pemudik) motor itu tinggi karena biaya lebih murah dibandingkan angkutan umum.

Meski Sudah Diimbau, Pemudik Motor Diperkirakan Masih Banyak, Segini Jumlahnya
via Antaranews.com
Pemudik sepeda motor menunggu 'Roll on-Roll off' (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA/Sigid Kurniawan) 

- Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah sepeda motor yang akan digunakan mudik pada libur Lebaran 2018 mencapai 8,5 juta unit. Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, mengatakan jumlah itu meningkat 33,33 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 6,39 juta unit.

"Kalau sepeda motor masih naik 30 persen. Prediksi kita segitu," ujar Pandu di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018).  Menurut Pandu, masyarakat memilih mudik dengan sepeda motor karena biayanya relatif lebih murah ketimbang mudik dengan kendaraan umum.

"Kalau dari sisi (pemudik) motor itu tinggi karena biaya lebih murah dibandingkan angkutan umum. Contohnya, bus non-ekonomi Jakarta-Solo itu bisa Rp 200 ribu hingga 300 ribu, jadi kalau suami-istri pulang pergi itu sampai Rp 1 juta. Nah, kalau naik motor Jakarta-Solo itu beli bensin 10 liter dan itu tidak sampai Rp 100 ribu," katanya.

Selain masalah biaya, masyarakat memilih mudik menggunakan sepeda motor agar lebih mudah berpergian saat di kampung halaman. "Pulang naik motor adalah salah satu bentuk keberhasilan kerja di kota, mau nunjukin ke saudara-saudara. Selain itu untuk memudahkan transportasi di kampung," ucap Pandu.

 Selain sepeda motor, Kementerian Perhubungan memprediksi kendaraan pribadi roda empat yang akan digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini mencapai 3,72 juta unit. Jumlah itu meningkat 16,69 persen dibandingkan 2017 yang hanya berjumlah 3,19 juta unit.

Dengan demikian, kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk mudik Lebaran 2018 mencapai 12,42 juta unit. Sedangkan, pemudik yang menggunakan moda transportasi umum pada musim libur Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 19,5 juta orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8,5 Juta Unit Sepeda Motor Bakal Digunakan Mudik Lebaran Tahun Ini", 
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Kurniasih Budi

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved