Beratnya Perjalanan Inneke Koesherawati Sudah Lewati Dua Kali Puasa Tanpa Suami

Hal itu dikarenakan Fahmi ditangkap dan dipenjarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat kasus dugaan suap.

Beratnya Perjalanan Inneke Koesherawati Sudah Lewati Dua Kali Puasa Tanpa Suami
Warta Kota/Nur Ichsan
Inneke Koesherawati 

BEBAN berat dijalani oleh Inneke Koesherawati (42), yang menjalani bulan suci ramadan tanpa sosok suami, Fahmi Darmawansyah di tahun keduanya.

Hal itu dikarenakan Fahmi ditangkap dan dipenjarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat kasus dugaan suap monitoring satelit Badan Keamanan Laut medio Mei 2017 lalu.

Beruntung, anak-anak Inneke sudah mengerti mengenai kondisi ayahnya yang saat ini mendekam di penjara dan menjalani ibadah puasa tanpa sosok ayah.

"Tahun lalu memang tahun yang berat aku jalani ya. Tapi tahun ini ya mungkin udah disuruh belajar dari tahun lalu, jadi tahun ini ya tinggal ngejalani aja," kata Inneke Koesherawati ketika ditemui di gedung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Karena sudah mengerti, diakui oleh Inneke anaknya yang besar tidak terlalu menanyakan mengenai Fahmi, beda ketika Fahmi baru saja dijebloskan ke penjara tahun lalu.

Kendati demikian, Inneke tidak menampik anak-anaknya menanyakan Fahmi kapan akan pulang ke rumah, karena kerinduannya yang besar terhadap sang ayah.

"Memang yang besar sudah mengerti. Tapi yang kedua tuh nanya, 'ayah kapan pulang bun' gitu. Yah aku coba memberikan pengertian aja," ungkapnya.

Untuk menuangkan kerinduannya terhadap Fahmi, Inneke mengaku masih sering menjenguknya di penjara jika memiliki waktu senggang. Namun sayangnya, dua minggu belakangan ini ia belum bisa membesuk suami.

"Jenguk sih sering. Cuma memang saya belum sempat ke sana sudah hampir dua minggu ya, karena anak-anak lagi ulangan. Jadi saya juga enggak bisa ninggalin anak-anak," ucapnya.

Selama ramadan, Inneke menjelaskan Fahmi tidak menuntut dirinya untuk membawakan makanan yang ia sukai. Oleh karena itu, Inneke mencoba membawa makanan yang dimakan oleh Fahmi.

"Alhamdulillah suami saya nih enggak pernah ribut soal makanan. Jadi kalau misalan saya datang ke sana pun mau dibawain apa ya kreasi kita aja sebagai istri, kira-kira suami aku sukanya apa ya," jelasnya.

"Soalnya dia (Fahmi) tuh kalau buka puasa enggak langsung makan nasi, pasti cemilan-cemilan dulu. Biasanya kalau laki-laki kan kopi dulu, nah abis pulang tarawih baru makan," tambahnya.

Lanjut Inneke, dua kali puasa hidup tanpa suami membuatnya mengerti apa itu kehidupan yang sebenarnya, yang tentunya untuk tetap bisa bertahan hidup tanpa adanya pemimpin keluarga.

Sehingga, Inneke menilai bahwa dipenjarakannya sang suami, membuatnya mengerti tentang kondisi kehidupan keluarganya untuk jangka panjang.

"Jadi benerin dulu iman kita, benerin dulu ibadah kita. Karena rasa khawatir masa laluku sama anak-anak itu besar. Jadi memang aku lebih keras sama anak-anak masalah ibadah. Karena aku nggak mau anak-anak aku mengalami sama seperti aku dulu itu," ujar Inneke Koesherawati.

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved