Warganya Dermawan, Jaksel Kumpulkan Dana ZIS Tertinggi

Menurut Anies Baswedan, zakat itu sangat luar biasa penting. Saking pentingnya, dalam Al-Quran sampai mengulang-ulang zakat sebanyak 24 kali.

Warganya Dermawan, Jaksel Kumpulkan Dana ZIS Tertinggi
Istimewa
GELARAN Peduli Umat 1439 H/2018 M Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (31/5/2018). 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, yang telah meraih penghargaan sebagai pengumpul Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) tertinggi se-DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Anies saat menghadiri acara Peduli Umat 1439 H/2018 M Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

"Selamat buat Jakarta Selatan. Ini artinya Jakarta Timur, Barat dan wilayah lainnya harus salip Jakarta Selatan," kata Anies.

Menurut Anies, zakat itu sangat luar biasa penting. Saking pentingnya, kata Anies, dalam Al-Quran sampai mengulang-ulang zakat sebanyak 24 kali.

"Di dalam al-Qur'an itu disebutkan tidak kurang dari 24 kali. Saking pentingnya," ujar Anies dihadapan para Mustahiq dan Muzakki.

Anies menjelaskan, yang membedakan zakat dengan pajak adalah, kalau pajak yaitu besarannya ditentukan tetapi penerimaannya tidak ditentukan. Berbeda dengan zakat, besarannya dan penerimanya telah ditentukan.

"Karenanya zakat punya efek pada membereskan soal ketimpangan. Kita berharap lebih besar lagi perhatian terhadap zakat di Jakarta," terangnya.

Borong Penghargaan

Diketahui, pada acara Peduli Umat 1439 H, Jakarta Selatan memborong semua penghargaan dalam kategori pengumpul ZIS terbesar di DKI Jakarta.

Tak tanggung-tanggung, Jakarta Selatan meraih penghargaan dari semua tingkatan dalam pengumpul ZIS tertinggi, mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan.

Untuk tingkat kota, Jakarta Selatan meraih peringkat pertama dalam mengumpulkan ZIS tertinggi mengalahkan Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Sedangkan untuk tingkat kecamatan, diraih oleh Kecamatan Cilandak, Setiabudi dan Jagakarsa. Ketiga kecamatan tersebut berasal dari Jakarta Selatan.

Sementara untuk tingkat kelurahan yakni Kelurahan Pondok Pinang, Kelurahan Kuningan Timur, dan Kelurahan Cilandak Barat, lagi-lagi ketiga Kelurahan tersebut berasal dari Jakarta Selatan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi, mengucapkan terima kasih kepada para warga dan pengusaha di Jakarta Selatan, yang telah menyisihkan sebagian rezeki yang didapat kepada BAZIS Jakarta Selatan.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga, sehingga Jakarta Selatan dapat menjadi pengumpul ZIS terbanyak se-DKI Jakarta selama lima tahun berturut-turut," tuturnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help