Sudah 540 Kali Kamisan, Akhirnya Presiden Terima Masuk Istana

"Kita sudah 540 kali aksi Kamisan, masa kita cuma mau ngobrol sama Presiden," ujarnya.

Sudah 540 Kali Kamisan, Akhirnya Presiden Terima Masuk Istana
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah aktivis menggelar aksi Kamisan ke-505 di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2017). 

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan peserta aksi Kamisan digelar secara tertutup. Pantauan Kompas.com, para peserta aksi kamisan tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/5/2018) siang sekitar pukul 14.20 WIB. Tak lama kemudian, mereka langsung dipersilakan menuju Istana Merdeka untuk bertemu dengan Jokowi.

Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki, serta Staf Khusus Johan bidang Komunikasi Johan Budi dan Adita Irawati. Ini adalah kali pertama peserta Kamisan bertemu Presiden sejak mereka menggelar aksi di sebrang Istana sejak 2007.

Namun, pertemuan berlangsung tertutup dari media. Wartawan hanya diizinkan mengambil gambar di awal pertemuan.  Kendati demikian, Maria Catarina Sumarsih, ibu dari korban tragedi Semanggi I, sempat memberikan keterangan singkat kepada wartawan sebelum pertemuan. Sumarsih mengatakan, pertemuan ini tak akan disia-siakan oleh para keluarga korban untuk menyampaikan tuntutan langsung ke Jokowi.

"Kita tuntut Pak Jokowi menyelesaikan kasus pelanggaran berat HAM masa lalu," kata dia. Sumarsih memastikan, aksi Kamisan akan terus dilakukan sampai seluruh kasus pelanggaran HAM dituntaskan. Pertemuan dengan Presiden Jokowi bukan berarti membuat keluarga korban akan berhenti menggelar aksi di seberang Istana setiap hari Kamis.

"Kita sudah 540 kali aksi Kamisan, masa kita cuma mau ngobrol sama Presiden," ujarnya. Selain Sumarsih, ada 20 orang peserta kamisan lainnya yang bertemu Jokowi. Mereka adalah keluarga korban pelanggaran HAM Trisakti, Semanggi, Talangsari, Tanjung Priok dan lain-lain.

Mereka biasa menggelar aksi setiap hari Kamis di seberang Istana Kepresidenan sejak 2007. Pada aksi yang ke-540 ini, untuk pertama kalinya para peserta Kamisan diterima Presiden di Istana. Pertemuan Presiden dan peserta aksi Kamisan berlangsung tertutup.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertemuan Jokowi dan Peserta Aksi Kamisan Digelar Tertutup", 
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Krisiandi

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help