Pilpres 2019

PPP Bantah Cak Imin, Belum Ada Kesepakatan Cawapres Jokowi Harus dari Parpol

Delapan parpol hingga saat ini belum duduk bersama Jokowi untuk membicarakan cawapres. PKB pun belum resmi mengusung Jokowi sebagai Capres.

PPP Bantah Cak Imin, Belum Ada Kesepakatan Cawapres Jokowi Harus dari Parpol
Istimewa
ARSUL Sani, Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyatakan, belum ada kesepakatan di antara koalisi pengusung Jokowi agar cawapres yang dipilih berasal dari parpol.

Hal itu disampaikan Arsul menanggapi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang mengatakan koalisi pendukung Jokowi sepakat agar cawapres berasal dari parpol.

"Dari 8 parpol (5 parpol parlemen dan 3 parpol nonparlemen), di luar PKB tetap pada kesepakatan soal cawapres dibicarakan nanti setelah pilkada serentak usai. Jadi kalau Cak Imin (Muhaimin) bilang sudah ada kesepakatan seperti itu maka tidak benar," kata Arsul melalui pesan singkat, Rabu (30/5/2018).

Baca: Cak Imin: Partai Penopang Utama Jokowi di Pilpres adalah PDIP dan PKB

Ia menambahkan, delapan parpol tersebut hingga saat ini belum duduk bersama Jokowi untuk membicarakan cawapres. Di tambah pula, Arsul mengatakan hingga saat ini PKB belum resmi mengusung Jokowi sebagai capres di Pilpres 2019.

Apalagi, Arsul menilai sikap PKB berbeda dengan partai koalisi pengusung Jokowi yang tak pernah memaksa agar ketua umumnya menjadi cawapres.

Menurut dia, PPP memang berkeinginan jika cawapres Jokowi berasal dari parpol namun hal itu bukan harga mati.

Ia meyakini tak akan terjadi konflik bila nantinya Jokowi memilih kader salah satu partai pengusungnya menjadi cawapres sebab akan didahului dengan musyawarah di antara sesama partai.

"Ya karena Pilpres memang yang berhak mengusung parpol, maka wajar kalau parpol-parpol ajukan dulu pimpinannya. Bagi PPP, posisi cawapres dari kalangan parpol tersebut merupakan prioritas tapi bukan harga mati," lanjut dia.

Sepakat

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Muhaimin Iskandar menyatakan koalisi pendukung Presiden Joko Widodo sepakat cawapres harus dari partai politik.

Hal itu disampaikan Muhaimin dalam acara buka puasa bersama di Masjid Baiturrahman, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/5/2018).

"Semua partai (koalisi pendukung Jokowi) sepakat wapres harus partai. Hampir semua partai sepakat. Sejauh ini ya, cawapres Pak Jokowi semua partai hampir komunikasi ke saya sepakat harus dari kader parpol," kata Cak Imin, sapannya. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantah Cak Imin, PPP Sebut Belum Ada Kesepakatan Cawapres Jokowi Harus dari Parpol"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help